Tips Bisnis – 5 Kendala Dalam Bisnis Kuliner Makanan dan Minuman

140 views

kendala dalam bisnis kuliner

Kendala dalam bisnis kuliner makanan dan minuman memang sering menjadi keluhan bagi para pengusaha kuliner karena mengganggu dalam menjalankan usaha. Memang bila membicarakan tentang bisnis maka bisnis kulinerlah yang sangat berpotensi cepat untuk maju dan tak ada habisnya karena setiap orang pasti butuh makan untuk terus menjalani kehidupan dan tentunya makanan yang disajikan juga harus enak serta sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bisnis kuliner memang terdengar mudah untuk menjalankannya namun pasti memiliki kendala sama halnya dengan bisnis-bisnis lain. Ketika berbicara masalah dalam bisnis kuliner, ada beberapa hal yang paling sering dihadapi dan sangat terasa bagi pengusaha kuliner.

5 Kendala Dalam Bisnis Kuliner Makanan dan Minuman

Berikut ini masalah yang sering dihadapi para pengusaha makanan dan minuman yang mungkin bisa memberikan anda referensi juga bagaimana antisipasi anda dalam mengatasi kendala ini.

Kenaikan Harga BBM

Kenaikan harga BBM / Bahan bakar minyak tentu saja akan mempengaruhi operasional dalam sebuah bisnis terutama bisnis kuliner makanan dan minuman. Biaya operasional yang meningkat tentunya akan menyebabkan turunnya profit dan membuat para pengusaha juga harus mempertimbangkan kenaikan produknya. Kenaikan BBM juga berkaitan erat dengan naiknya harga bahan-bahan pokok dan bahan baku usaha

Kenaikan Harga Bahan Baku

Kenaikan bahan baku di Indonesia biasanya bersifat fluktuatif, artinya bisa terjadi kenaikan dan penurunan pada saat atau momen tertentu sehingga membuat para pengusaha perlu memikirkan dua kali untuk menaikkan harga jualannya atau mungkin dengan mengurangi ukuran serta takaran dari produknya. Sebagai contohnya kita berjualan Tempe bungkusan, ketika harga kedelai naik kita punya pilihan untuk menaikkan harga atau mengurangi ukuran dari tempe bungkusan itu.

Isu Negatif Yang Merugikan Bisnis

Isu negatif selalu saja beredar baik itu dalam dunia politik, sosial bahkan bisnis pasti akan bermunculan dengan berbagai tujuan. Biasanya untuk menjatuhkan pesaing dengan cara yang tidak sehat. Hal ini lumrah saja dan sebagai pengusaha di dalam bidang kuliner harus mampu mengantisipasi terjadinya hal ini

Baca Juga : Cara Mempromosikan Produk Baru

Masalah Pengiriman Barang Keluar Daerah

Makanan atau minuman yang sudah dimasak tentunya memiliki jangka waktu tertentu untuk segera dikonsumsi sebelum nantinya basi dan tidak bisa gunakan lagi. Kendala selanjutnya adalah masalah pengiriman makanan ke tempat yang jauh dan memakan waktu lama yang jelas sekali berpengaruh pada kualitas makanan yang dikirimkan.

Masalah Internal Ketika Menjalankan Usaha

Jangan menganggap bahwa masalah ketika menjalankan usaha berasal dari luar saja. Tapi, masalah dari dalam juga pasti akan terjadi terutama oleh para karyawan yang bermasalah bisa juga terjadi dalam proses operasional terhambat hingga mengganggu jalannya bisnis. Sebagai contoh yang sering terjadi adalah ketika produsen tidak mampu memenuhi permintaan pasar karena jumlah produksi sudah tidak sanggup lagi memenuhinya.

Baca Juga : Tips Sukseskan Bisnis Baru

Setiap masalah yang terjadi pasti ada solusinya, tergantung bagaimana anda menilai serta menyelesaikan masalah tersebut secara tepat.

Bisnis Kuliner Bisnis Makanan dan Minuman Hambatan Kendala Kendala Bisnis Masalah Tips Bisnis

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait