6 Tips Bisnis dari Bob Sadino Yang Membuatnya Kaya Raya

Tips bisnis bob sadino ini sangat cocok untuk anda yang ingin memulai bisnis maupun yang sedang kurang semangat menjalankan bisnis karena Om Bob memberikan motivasi-motivasi yang sangat berharga berdasarkan pengalamannya menjalankan bisnis mulai dari berjualan sayur hingga menjadi milyarder ternama di Indonesia walaupun dirinya tidak mengeyam pendidikan tinggi sekalipun. Salah satu kata-kata motivasi yang selalu saya ingat adalah

” Orang bodoh susah mencari kerja makanya berwirausaha sedangkan Orang pintar mudah mencari kerja. Jadi, orang pinter bekerja sama orang bodoh”

Begitu kira-kira kata mutiaranya. Saya bertambah semangat untuk belajar dan menuntut ilmu. Bukan untuk mencari kerja tapi untuk berwirausaha membantu orang lain. Cukup sudah saya curhat dan ceritanya. Kita akan bahas 6 motivasi bisnis dari Bob Sadino :

1). Jangan Takut Gagal

Ketika memulai sebuah bisnis jangan pernah berfikir negatif terlebih dahulu. Sebuah bisnis memang lumrah mengalami pasang surut dalam penghasilan, kita sebagai pelaku bisnis mungkin bisa memprediksi beberapa hal saja. Ketika memulai bisnis kita pasti akan mengalami banyak kendala, mungkin itu penghasilan menurun atau bahkan naik. Keberhasilan dan kegagalan itu berbanding lurus, hal itu bisa kita lihat dengan bagaimana usaha kita dan menyikapi kal tersebut.

Bila bisnis sedang maju dan berkembang jangan lupa untuk terus berinovasi. Begitu sebaliknya, ketika bisnis sedang mengaami penurunan jangan lantas berserah diri tanpa berupaya mencari solusi bagaimana menaikkan lagi bisnis yang sedang dijalankan

Baca Juga : Motivasi Bisnis Dari Mark Zuckerberg

2). Berani Melangkah dan Jangan Takut Mencoba

Berani melangkah berarti berani mewujudkan impian serta ide bisnis yang sudah anda rencanakan. Tanpa keberanian untuk memulainya sampai kapanpun ide hanya akan menjadi ide. Hilangkan rasa takut dalam diri sebagai langkah awal dalam berbisnis. Bob sadino merupakan tipe pebisnis yang tanpa banyak pertimbangan menjalankan bisnis. Justru dengan terlalu banyak pertimbangan, membuat anda pasif dan ragu-ragu.

Dunia bisnis memang penuh dengan ketidakpastian, apalagi bagi pelaku bisnis pemula. Tentunya ada rasa takut mencoba bisnis. Persaingan dalam bisnis memang sudah lumrah terjadi, tergantung bagaimana anda mampu bertahan dan mencapai kesuksesan. Tidak ada bisnis yang tanpa pesaing, coba dulu bisnis yang ada dalam ide anda.

3). Semua Dimulai dari Bawah

Perjalanan bisnis Alm Bob Sandino memang mengesankan. Beliau adalah anak dari orang yang cukup berada. Bila harus mewarisi harta orang tuanya maka sudah cukup untuknya menjalani hidup. Tapi tidak demikian yang dilakukan Om Bob. Ia merintis bisnisnya dari awal, Apa tujuannya ? Agar ia tahu bagaimana seluk beluk bisnis yang ia jalankan.

Memang sebaiknya menjalankan bisnis itu dilakukan sendiri sejak awal dirintisnya usaha, agar kita tahu bagaimana bisnis kita berjalan lalu bila ada kendala kita tahu cara mengatasinya. Berbeda bila harus bergantung pada orang lain, kita tidak akan tahu bagaimana perjalanan bisnis yang kita lakukan saat ini. Hal ini memang ditekankan oleh Bob sadino.

4). Tidak Perlu Pandai Untuk Memulai Bisnis

Menurut om bob sadino, memulai bisnis tidak perlu harus menjadi juara kelas terlebih dahulu atau memiliki IPK tinggi dulu. Bahkan menurutnya, kebanyakan orang yang memulai berbisnis adalah mereka yang tidak memiliki prestasi yang baik di kelas. Karena memiliki nilai yang rendah membuat orang-orang ini tidak diterima ketika melamar pekerjaan diperusahaan. Sebagai solusinya adalah dengan memulai bisnisnya sendiri. Sebaliknya juga terjadi pada mereka yang berprestasi dan memiliki nilai tinggi ketika sekolah atau kuliah, pastinya akan lebih mudah bekerja di perusahaan dan kantor-kantor dengan gaji tinggi.

Hal ini tentu menyentuh gengsi mereka untuk menjalankan bisnis, kenapa harus susah-susah memulai bisnis sedangkan bisa bekerja dengan fasilitas nyaman yang sudah tersedia dibantah gaji besar. Jangan patah semangat untuk tidak berbisnis hanya dengan alasan tidak pintar.

5). Jangan Memberi Batasan Pada Diri ( Target )

Berdasarkan prinsip bob sadino, menentukan target berarti membatasi diri untuk lebih maju dan berkembang membawa kesuksesan bisnis. Sebenarnya target merupakan salah satu zona nyaman, karena apa ? Biasanya pebisnis menetapkan target dan bila sudah tercapai mereka tidak mau lagi bekerja keras lagi agar mencapai hasil yang lebih tinggi lagi diatas target yang ditentukannya. Bukankah ini hal yang cukup berbahaya, kita jadi terbatasi dengan target kita sendiri. Sedangkan bisa mencapai hal yang lebih lagi. Bila anda ingin memulai bisnis, upayakan untuk tidak membatasi diri anda karena bisa saja anda mencapai lebih dari target yang sudah ditetapkan.

6). Tetap Rendah Hati Walaupun Sudah Mencapai Kesuksesan

Meraih kesuksesan bukan berarti anda boleh tinggi hati, hal yang selalu menjadi pegangan bob sadino dalam berbisnis adalah tetap rendah hati. Dengan begitu, ia akan terus merasa kurang dan membuatnya tetap belajar dan membenahi kekurangan serta bisa menerima kritik sarang orang lain. Toh, nantinya bisnis anda juga yang mendapat pengaruh positif dan makin berkembang serta maju

Demikianlah 6 tips bisnis dari bob sadino yang sangat berguna untuk menambah lagi semangat berbisnis agar jangan menyerah ketika sedang berbisnis atau bahkan lebih parahnya menyerah sebelum memulai.

Indra Sugiarto :Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.