7 Tips Ampuh Menghindari Jerat Hutang Yang Mematikan Kehidupan dan Masa Depan

756 views

menghindari jerat hutang

7 Tips Sederhana Yang Ampuh Menghindari Jerat Hutang – Berhutang merupakan suatu jalan yang selalu menjadi pilihan sebagian orang ketika sedang terdesak dan membutuhkan uang dengan segera untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak atau tak terduga. Sebenarnya cara ini kurang baik dibudayakan dan mampu membahayakan kesehatan finansial anda kedepannya bila tidak mampu mengendalikannya.

Tidak salah bila berhutang dalam keadaan kepepet namun usahakan anda mampu menutupi hutang itu sesuai kemampuan anda nantinya agar tidak memberatkan dan menjadi beban dimasa yang akan datang.

Berikut ini ada 9 tips yang bisa membantu anda agar bisa terhindar dari jeratan hutang yang meliliti. Kalaupun sudah berhutang mungkin agar terbantu dengan membaca tips ini dan menerapkannya.

9 Tips Sederhana Yang Ampuh Menghindari Jerat Hutang

Dengan membaca tips ini bukan berarti anda langsung bebas dari hutang tapi setidaknya terbantu dengan saran-daran yang diberikan dalam tips sederhana ini

#1. Hidup sederhana dan bersyukur bisa menghindari jerat hutang

Hidup sederhana dan menerima apa yang sudah di jadikan rezeki merupakan jalan pertama yang bisa menghindarkan anda dari jerat hutang. Dengan hidup sederhana dan bersyukur juga mampu menambah rezeki kita. Hidup sederhana bisa dikatakan hemat atau efisiensi pengeluaran. Hidup sederhana dengan memanfaatkan rejeki sendiri itu lebih baik daripada hidup mewah dan berfoya-foya namun hasil berhutang. Karena ini akan merugikan diri sendiri dan yang paling penting jauhi gaya hidup hedonisme yang hanya memikirkan kesenangan duniawi tanpa memikirkan efek samping bagi kesehatan keuangan kita.

#2. Menabung uang hasil kerja atau gaji walau sedikit

Menyisihkan uang hasil yang didapatkan dari bekerja wajib anda lakukan, paksakan diri untuk bisa menyisihkan uang selain untuk kebutuhan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan dana pengeluaran tak terterduga yang mungkin akan anda alami kedepannya. Tabungan akan sangat membantu anda mencukupi kebutuhan tak terduga tersebut dan mampu menghindarkan anda dari berhutang.

#3. Bersedekah dari hasil gaji atau pendapatan

Selain ditabung, uang hasil pendapatan juga harus anda sisihkan untuk bersedekah. Lho kok malah sedekah ? Bukankah malah sebaiknya ditabung agar tabungan kita tambah banyak  dan bila sewaktu-waktu kita memerlukan uang dengan mendadak bisa terpenuhi dengan tabungan dan tanpa berhutang ?.

Benar sekali, tapi sedekah merupakan salah satu jenis investasi yang sering menjadi rahasia orang-orang kaya. Dengan bersedekah, berarti kita sudah memberikan kemudahan kepada mereka yang membutuhkan walaupun jumlahnya tidak seberapa tapi akan sangat membantu. Mereka yang terbantu akan mendoakan kita agar selalu mendapat kemudahan dalam hidup kalaupun tidak di doakan, masa iya Tuhan tidak memberikan pertolongan pada orang baik seperti anda yang mau membantu orang lain. Benar tidak ? Maka dari itu sedekah itu penting dan tidak akan mengurangi harta anda malah akan di lebihkan nantinya.

#4. Hindari penggunaan kartu kredit karena akan memperburuk keadaan

Hutang dalam bahasa kerennya disebut juga Kredit. Jadi, bila kartu kredit di terjemahkan artinya Kartu Hutang :). Kartu kredit merupakan cara baru untuk berhutang kepada pihak bank, iming-iming kemudahan transaksi dan tanpa anggunan. Bila anda tidak ingin terjebak dalam hutang maka hindari penggunaan kartu kredit terutama bila hanya untuk berbelanja, atau memenuhi kebutuhan sehari-hari saja.

Kartu kredit cocok bagi anda yang menggunakannya untuk travelling, membayar tiket penerbangan pesawat, memesan hotel dan lain sebagainya, sebab banyak promosi yang menguntungkan.

#5. Buat planning pengeluaran atau catatan perencanaan keuangan untuk jangka waktu tertentu agar lebih mudah memanage pengeluaran

Buatlah catatan pengeluaran untuk 1 bulan agar  bisa lebih mudah mengatur uang anda. Ikuti dan disiplin dengan semua yang sudah direncanakan  agar anda bisa terhinndar dari jerat dan lilitan hutang. Mencatat perencanaan pengeluaran keuangan sangat besar pengaruhnya terhadap diri untuk tetap berkomitmen menjaga agar tidak membelanjakan uang untuk hal yang kurang bermanfaat.

Bila anda bisa melakukan manajemen pengeluaran dengan baik maka akan berpengaruh juga dengan tabungan anda. Anda bisa menabung dengan lebih teratur.

Baca Juga : 3 Tips Perencanaan Keuangan Pribadi

Bila anda sudah terlanjur dalam keadaan berhutang, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya

Ketika keadaan memang memaksa anda untuk berhutang maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tidak bermasalah dengan hutang tersebut. Kita juga tidak tahu mengenai kebutuhan kita karena kadang-kadang kita juga punya kepentingan yang berbeda. Beberapa tips ini diharapkan bisa membantu anda mengambil keputusan dan saran.

#6. Jangan terlambat melunasi hutang bila sudah jatuh tempo untuk menjaga kepercayaan orang yang memberikan hutang

Untuk tetap menjaga kepercayaan orang yang sudah memberikan hutang kepada anda, sebaiknya tepati janji untuk melunasi hutang kepadanya karena dikhawatirkan nanti hilang kepercayaan dari orang tersebut. Tentunya akan menyulitkan anda sendiri bila nanti terpaksa harus berhutang lagi.

#7. Jangan menggunakan sistem gali lubang tutup lubang, pinjam uang bayar hutang

Salah satu hal yang perlu anda hindari ketika sudah berhutang adalah dengan cara berhutang untuk melunasi hutang yang lainnya. Hal ini cukup riskan dan buruk akibatnya bagi keuangan anda. Sebisa mungkin jangan melakukan sistem ini karena akan merugikan diri anda. Apalagi bila hutangnya itu berbunga, bunganya berbunga lagi. Ini akan memperparah hutang anda.

Begitulah tips untuk menghidari jerat hutang yang bisa buatusaha.com chare kepada pembaca. Silahkan share kepada teman-teman anda yang lain agar bisa bermanfaat, hanya dengan share saja anda sudah membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca di buatusaha.com. Next

Gaya Hidup Hutang Keuangan Mengatur Uang

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait