Analisa Peluang Usaha Ternak Ikan Lele Yang Menguntungkan

634 views

Peternakan ikan lele merupakan satu dari banyak jenis peternakan ikan yang giat digemari oleh para peternk ikan di Indonesia. Ikan lele memiliki nilai protein yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi untuk semua kalangan. Ikan ini memang memiliki lendir yang cukup banyak dan memasaknya harus pintar. Lele atau sebutan lainnya Keli mampu bertahan dihidup walaupun dimusim kemarau atau musim kering, ia mampu membuat lubang-lubang di tanah dan membuat sarang hingga musim kemaraupun, mereka masih tetap bisa bertahan hidup didalam lubang-lubang tersebut  hingga musim penghujan tiba.

Prospek peternakan ikan lele yang sudah memiliki pangsa pasar yang cukup luas ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan. Kita akan bahas artikel ini dengan beberapa poin penting. Cobalah membaca hingga akhir artikel.

Analisa Peluang Usaha Ternak Ikan Lele Menguntungkan

Peluang usaha ternak lele ini memiliki banyak kelebihan untuk dijalankan karena tidak membutuhkan lahan yang luas, masa panen yang relatif singkat dan untuk pakan ternak ini bisa menggunakan apa saja, itulah sebabnya ikan lele banyak digemari oleh para peternak.

Persiapan Lokasi Ternak Lele

Peternakan lele membutuhkan lahan yang tidak terlalu besar, anda bisa menggunakan lahan kosong didekat rumah dengan ukuran 2 m x 3 m itu sudah cukup besar untuk mencoba memulai usaha ini. Anda bisa menggunakan papan untuk dijadikan dinding kolam dan dibagian dalam kolam dilapisi dengan plastik terpal hitam karena memiliki daya tahan yang cukup bagus. Cara ini bisa digunakan karena anda tidak perlu menggali kolam dan sewaktu-waktu bisa memindahkan kolamnya atau mungkin bila usaha semakin besar anda bisa menambh lebarnya atau membuat baru dengan ukuran lebih besar.

kolam ternak ikan lele

Image by bandarikangadog.com

Pembesaran Ikan Lele

Tahap pembesaran ikan lele dikolam yang sudah di sediakan. Anda bisa membeli dari pembibit ikan lele dengan umur sekitar 2-3 minggu karena sudah cukup besar dan tinggal memberi pakan secara teratur. Hingga mencapai usia 7-8 minggu, maka ikan sudah cukup besar untuk dipanen dan dipasarkan.

Baca Juga : Peluang Bisnis Barang Antik Untung Besar

Pengelolaan Kolam dan Pakan Ternak Lele

Untuk pengelolaan air pada kolam ikan lele ini, anda bisa menggantinya setiap 2-3 minggu sekali. Ikan lele termasuk tipikal ikan yang mampu bertahan lama sekalipun dalam kondisi air yang keruh dan hitam. Tapi, Untuk menjaga kualitas ikan agar tetap higienis dan bersih. Anda harus rajin mengganti air kolamnya karena pastinya akan berbau sekali airnya jika lama tidak diganti.

Pakan ikan lele bisa menggunakan apa saja, termasuk sayur sayuran busuk dan kangkung juga akan dimakan oleh ikan ini. Pakan seperti itu umum diberikan oleh mereka yang beternak ikan untuk dikonsumsi sendiri. Sedangkan bila ingin dijual, berikan pakan dalam bentuk serbuk pakan khusus.

Pemasaran Hasil Panen Ikan Lele

Hasil panen dari kolam lele bisa anda jual ke para pengepul ikan yang biasanya mencari peternak ikan. Alternatif lain sebagai untuk tujuan pemasaran adalah datangi rumah makan atau warung makan yang menyediakan menu ikan lele. Rumah makan yang ada di rumah sakit juga biasanya membutuhkan pemasok ikan lele dalam jumlah besar, sebab ikan ini mengandung protein yang tinggi dan pasien yang baru selesai operasi pasti sangat di anjurkan mengkonsumsi ikan ini.

Baca Juga : Prospek Bisnis Yang Cocok Untuk Lansia

Peluang Bisnis Ternak Ternak Ikan Ternak Ikan Lelel Ternak Semut Kroto

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait