Tips Konsumen : Bagaimana Agar Pelanggan Tidak Berpaling ?

Bagaimana Agar Pelanggan Tidak Berpaling

Image by MoneyInc.com

Pelanggan bisa berpaling???? Yaps, masa doi aja yang bisa berpaling, pelanggan juga lhoo… bahkan pelanggan bisa lebih sadis daripada doi yang tidak setia. Intinya, asal ada celah sedikit saja, si pelanggan bisa saja berpindah ke lain hati. Yang namanya pelanggan, pasti selalu membanding- bandingkan antara produk yang satu dengan yang lainnya, baik dari segi kualitas, harga, sampai promo dan diskon yang ditawarkan. Pengen pelanggan mu setia dengan produkmu?? Yuk ikuti tips berikut :

Senantiasa Memberikan Produk Dengan Kualitas Terbaik

Memberikan produk berkualitas merupakan hal utama yang harus diperhatikan agar pelanggan  merasa puas. Tidak cukup sampai disitu, kualitas produk mesti terus dijaga agar pelanggan tetap nempel dengan produk yang kamu tawarkan. Jangan buat pelanggan merasa kapok dan tertipu karena kualitas produk yang tidak konsisten dan berubah-ubah. So, pastikan produk kamu terjaga kualitasnya yaa, agar pelanggan tetap setia.

Baca Juga : Pengen Bisnis Cafe Dengan Modal Tipis

Optimalkan Pelayanan

Konsumen adalah Raja. Yaps, hal ini memang benar adanya. Kamu tidak cukup hanya mengandalkan kualitas produkmu saja. Sebagus apapun produkmu, jika pelayanan yang kamu berikan tidak maksimal, jangan harap pelanggan akan balik lagi kepadamu. Karna produk dan pelayanan merupakan satu paket yang tidak bisa dipisahkan.  Secapek apapun kamu, jang sekali-kali kamu cemberut atau berwajah murung apalagi marah. Jika hal itu terjadi, siap-siap kamu akan kehilangan pelanggan. Apapun masalahmu di luar, usahakan tetap senyum dan menampakkan wajah ceria kepada pelanggan.  Kamu harus tetap sabar dan telaten menghadapi pelanggan, jika mereka mengajukan komplain, ucapkanlah permintaan maaf terlebih dahulu, meskipun sebenarnya kesalahan terletak pada pelanggan itu sendiri.

Jadi Pendengar yang Baik

bukan hanya doi saja yang butuh didengar, pelanggan juga begitu. Yaps, ingat selalu pada prinsip “ Pelanggan adalah Raja”, segala keinginan pelanggan  yang disampaikan melalu kritikan, keluhan dan saran harus kamu dengarkan dengan baik dan dijadikan bahan evaluasi. Dengan begitu, kamu bisa belajar memahami keinginan pelanggan, sehingga produkmu disukai oleh pelanggan. Selain itu, dengan mendengarkan segala keluhan, kritik dan saran dari pelanggan, akan membuat mereka menjadi loyal kepadamu karena merasa pendapatnya dihargai.

Berani Berkata “Tidak”

Meskipun pelanggan adalah raja, namun tidak semua keinginan pelanggan bisa dipenuhi oleh produsen. Terlebih lagi jumlah pelanggan yang banyak dengan karakter dan kepribadian yang beragam. Jika kamu merasa tidak sanggup untuk memenuhi keinginan pelanggan, kamu  harus berani katakan “tidak”. Jangan sekali- kali kamu berkata bohong  padahal sebenarnya kamu tidak bisa melakukannya. Meskipun kamu berniat tidak ingin megecewakan pelanggan. Justru jika kamu tetap melakukan suatu hal yang tidak bisa kamu lakukan maka hasilnya tidak akan maksimal. Hal ini tentu saja akan membuat pelanggan lebih merasa kecewa.

Baca Juga : Cara Menentukan Kemasan Yang Menarik Untuk Semua Produk

 Berikan Pelayanan Ekstra

Beberapa bentuk pelayanan ekstra yang bisa kamu berikan kepada pelanggan diantaranya yaitu, diskon, promo dan undian berhadiah. Selain dapat mempererat hubungan dengan pelanggan, hal ini juga kan mebuat pelanggan makin loyal kepadamu.

Tags: Pelanggan Tips Usaha Usaha

author
Penulis: 

Posting Terkait "Tips Konsumen : Bagaimana Agar Pelanggan Tidak Berpaling ?"

Tips Sukses Bisnis Food Truck Untuk Pemula Hingga Sukses Besar
https://www.qsrmagazine.com/growth/america-s-top-20-food-trucks Apa sih

Tinggalkan pesan "Tips Konsumen : Bagaimana Agar Pelanggan Tidak Berpaling ?"

four × 4 =