5 Usaha di Bulan Ramadhan dan Menjelang Lebaran Paling Laris Tiap Tahun

Peluang usaha di bulan ramadhan (bulan puasa) ada berbagai macam jenisnya yang bisa di jalankan disela-sela ibadah puasa. Pemanfaatan terhadap peluang usaha musiman ini sudah dilakukan oleh banyak orang, peluang usaha ini juga sudah menyebabkan banyak munculnya para pengusaha dadakan baru.

Memang tidak bisa di pungkiri bahwa usaha di bulan puasa ini cukup menguntungkan dan mudah di kerjakan. Di bulan puasa biasanya aktivitas kita tidak padat seperti di bulan-bulan lain khusus untuk para muslim, memanfaatkan itu untuk mendapat keuntungan dengan membuka usaha adalah hal yang baik. Terutama para remaja dan anak muda pasti kalau sore sukanya ngabuburit dan jalan-jalan menunggu waktu berbuka puasa.

bisnis bulan ramadhan

Usaha Yang Menguntungkan di Bulan Puasa

Membahas mengenai usaha di bulan ramadhan ada berbagai macam jenisnya terutama yang berhubungan dengan kuliner karena biasanya untuk hidangan berbuka puasa dan sahur. Untuk sahur sendiri saat ini sudah banyak di kenal dengan istilah sahur on the road. Ya, sahurnya tidak di rumah tapi di jalan, hal ini lebih menyenangkan karena bisa sambil jalan-jalan. Kita juga bisa berbagi makan sahur dengan orang lain ada kelebihan rejeki.

Dengan sahur on the road memang ada sebagian orang yang membawa makanan dari rumah tapi lebih banyaknya mereka makan di luar dengan membeli dari para penjual yang biasanya ada di tempat nongkrong seperti taman dan lainnya.

Ini merupakan salah satu peluang yang sangat bagus dimanfaatka menjadi usaha yang menguntungkan.

Tidak di pungkiri bahwa dengan sahur on the road, orang-orang lebih bebas memilih menu untuk sahur dibanding hanya di rumah dan mereka juga butuh suasana baru. Begitu juga saat buka puasa, tapi biasanya kalau untuk buka puasa makanan dan minuman yang dibeli akan di bawa pulang dan dimakan bersama keluarga di rumah.

Usaha yang cocok di jalankan saat bulan puasa diantaranya :

1). Usaha Kuliner

Usaha kuliner disini salah satunya adalah menu untuk berbuka puasa untuk sahur. Ya, bermacam-macam jenisnya terserah anda mau dan suka menjalankan usaha yang mana. Salah satu jennis usaha kuliner yang tidak lekang oleh waktu walaupun saat bulan puasa adalah Usaha Bakso, Usaha Sate, Es Jus, Es Cendol dan Es Campur.

Khusus es cendol, anda bisa menjual cendol dengan es maupun tanpa es. Karena pasti ada pembeli yang menginginkan cendolnya saja untuk dibuat es sendiri di rumah. Sediakan cendol bungkusan tersebut.

Karena bulan ramadhan identik dengan musim kemarau, ada artikel terkait yang mungkin bisa membantu anda menambah informasi tentang usaha bulan ramadhan, yaitu : Peluang Usaha di Musim Panas Yang Cocok dan Menguntungkan

Note : Bila anda membuat cendol sendiri lalu di jual, sebaiknya gunakan bahas yang khusus buat makanan dan jangan mencampurnya dengan bahan lain misalnya pewarna tekstil. Sebab hal tersebut sangat berbahaya bai para konsumen. Bila anda menjual dari orang lain, sebaiknya anda tanya atau cari tahu mengenai cendol tersebut ! Apakah aman dikonsumsi.

2). Jualan Buah

timun suri segar

Untuk daerah jawa, ada musim yang buah yang sering jadi idaman dan pada bulan puasalah buah tersebut banyak dan melimpah di pasaran. Mungkin anda sudah pada tahu buah apa itu ? Benar, Timun Suri atau Timun mas. Buah berwarna kuning keemasan yang isinya lembut dan harus ketika matang itu merupakan incaran orang-orang untuk berbuka puasa.

Biasanya timun suri di buat es dan jus ketika buka puasa. Rasanya memang tidak manis tapi bila di campur es dan sirup maka segarnya itu nampol banget. Kebanyakan petani menjualnya dan panen besar-besaran saat bulan puasa. Bila anda ingin menjalankan usaha ini, cari saja petani lalu beli dari dia dan anda jual lagi.

Tapi kalau mau jual, sebaiknya yang fresh dan sudah matang yang dapat dilihat dari kulitnya yang retak dan merekah. Buah ini tidak bisa di simpan lama, untuk itu usahakan untuk menjual secukupnya agar buah tidak busuk dan anda merugi. Tapi, jualan buah ini memang bisa dijamin laris.

3). Usaha Parcel Lebaran

Tradisi mengirim parcel kepada  orang-orang yang di hormatinya mungkin sudah mendarah daging. Karena setiap hari raya para penyedia jasa parcel pasti kebanjiran order. Hal ini merupakan tanda hormat, terima kasih atau lainnya di tujukan kepada orang tertentu di momen yang pas yaitu Hari Raya.

Ya, usaha ini cocok untuk hari raya. Menjelang lebaran, orang – orang yang ingin mengirim parcel pasti akan melakukan order. Mulai dari yang berharga 1 ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk parcelnya. Mulai dari makanan hingga peralatan keramin juga ada. Terserah pemesan mau yang mana, tinggal sediakan uangnya saja.

Nah, usaha ini bila di giati tiap tahunnya pasti menguntungkan. Memang usahanya musiman, tapi keuntungan dari usaha ini sangat besar. Apalagi bila anda buka tiap tahun, atau mungkin bika tiap hari dan pelanggan pasti akan melonjak pada hari tertentu salah satunya ketika Lebaran.

4). Usaha Kue Lebaran

Kue lebaran merupakan hal yang tidak pernah ketinggalan. Kue-kue ini disediakan untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah. Baik itu tetangga, saudara, kerabat, teman dan keluarga yang datang. Usaha Kue Lebaran ini cocok sekali buat ibu-ibu, kakak atau adek-adek yang hobi memasak dan membuat kue.

Jenis kue yang umum dam laris pada saat lebaran adalah Kue Bolu Bakar, Kue Bawang, Bolu Cake dan banyak lagi yang lainnya termasuk kacang-kacangan. Ini yang banyak disukai oleh golongan pria seperti Kacang Atom, Kacang Coklat, Kacang Balado dan banyak dan tidak bisa di sebutkan satau persatu karena banyaknya variasi.

Artikel Terkait : 135 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga 

Bila anda hobi membuat kue, memang ini bidang usaha yang pas bagi anda sekaligus membuat kue untuk tamu sendiri.

5). Jualan Pakaian Lebaran

peluang usaha grosir baju murah

Salah satu tradisi di Indonesia bahwa tiap hari Raya orang tua membelikan baju baru untuk anaknya. Itu tidak bisa dihindari lagi, kalau tidak diberikan biasanya si anak memintanya dari orang tuanya. Biasanya pakaian yang dijual adalah pakaian yang sedang trend pada saat itu baik dari model celana maupun dari model bajunya.

Anda bisa buka lapak dadakan dan kecil kecilan di pasar dengan cara menjual baju secara dropship atau reseller dari gudangnya langsung atau agennya. Para penjual baju lebaran terkadang ada yang sengaja menjual dengan harga mahal di atas harga pasaran sebelum lebaran terutama ketika 7 hari sebelum lebaran. Mungkin karena faktor transportasi atau apalah saya tidak tahu.

Usahakan menjual dengan harga bersaing tapi tetap untung.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Baju Grosir Murah Rumahan dan Modal Kecil

Itulah beberapa bisnis bulan ramadhan yang bisa anda jalankan dan akan selalu laku dari tahun ke tahun. Semoga usaha anda diberkahi oleh Allah dan mendapat keuntungan serta keberkahan.

Bisnis Bulan Ramadhan Peluang Usaha Usaha Bulan Puasa Usaha Bulan Ramadhan

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

15 − five =