Bisnis UKM Sulit Berkembang ? Kenali Kebutuhan Dasar Membangun Bisnis UKM Yang Sukses

Image by Nypost.com

Banyak sekali yang mengeluhkan tentang sulitnya untuk mengembangkan bisnis UKM. Bermacam-macam keluhan dilontarkan, dimulai dari sulitnya pemasaran, modal yang kecil, persaingan yang ketat, dan lain sebagainya.  Padahal telah banyak pelatihan, workshop dan media informasi dan komunikasi yang  memberikan tips-tips atau kiat-kiat menjalankan bisnis yang sukses.

Kebanyakan pebisnis UKM menganggap selama omset masih jalan buat mereka maka bisnis tersebut masih tergolong baik-baik saja, tanpa memikirkan apa yang akan terjadi kedepannya. Hal ini dikarenakan sebagian besar pebisnis UKM  hanya berfokus pada tiga hal yakni, produksi, marketing dan finansial, atau bahkan bisa dua ataupun hanya berfokus pada salah satunya. Padahal ada hal lain yang menjadi kebutuhan dasar untuk membangun bisnis UKM yang sukses, berikut ulasannya :

Baca Juga : Ibu Rumah Tangga Berbisnis ? Lihat Manfaatnya

1). Hoby atau Passion??

Banyak yang beranggapan bahwa untuk memulai suatu usaha, sebaiknya dimulai dari hoby atau hal yang disukai. Memang, menjalankan bisnis yang dimulai dari hoby itu menyenangkan, tetapi hanya dengan hoby tidak akan cukup  untuk membuat bisnis kita eksis.  Perlu ada passion yang jelas, visi yang  tegas dan misi yang akurat untuk membuat bisnis kita menjadi tumbuh dan berkembang. Saat awal dibangun, boleh saja bisnis kita hanya bermain di ranah yang kecil, akan tetapi tentu kita tidak ingin selamanya akan seperti itu. Nah, untuk mengembangkan suatu usaha, dibutuhkan lebih dari sekedar hoby. Karna bisnis butuh komitmen yang lebih kuat untuk bisa bertahan.

2). Networking

Membangun sebuah jaringan bisnis atau networking merupakan hal dasar lainnya yang dibutuhkan untuk mengembangkan suatu bisnis atau usaha. Tidak semua UKM memiliki modal yang besar untuk melakukan promosi, terlebih lagi saat awal-awal pendiriannya. Maka dari itu, membangun networking merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mengembangkan suatu bisnis. 1 orang  baru yang tau tentang bisnis anda saat ini, maka akan ada kemungkinan  bertemu dengan 10 orang lainnya di masa depan. Membangun networking dapat dilakukan dengan berbagi informasi kepada orang lain terutama kepada sesama UKM, misalnya tentang bagaimana bisnis anda dibangun, tips-tips menjalankannya, atau hal lainnya agar bisa saling bersinergi.

3). Konsistensi

Memulai sebuah usaha memang sulit, akan tetapi yang jauh lebih sulit adalah mempertahankannya. Umumnya musuh utama yang  membunuh semangat para pengusaha adalah rasa malas. Jika “virus malas” telah mewabah, maka semua rencana yang telah tersusun rapi akan hancur berantakan. Tidak ada yang dapat melawan  “virus malas” tersebut kecuali motivasi dari diri sendiri. Maka dari itu temukan cara efektif untuk kembali mendapatkan motivasi dalam diri. Karena menjaga konsistensi memang sangat sulit dilakukan, terlebih lagi konsisten dalam menjalankan suatu usaha. So, pastikan anda menuliskan daftar-daftar yang harus dilakukan, dimulai dari hal yang paling mudah dilakukan, sampai ke hal yang paling sulit, serta sesuaikan isinya dengan pola bisnis yang anda bangun.

Baca Juga : Tempat Belanja Fashion Buat Pecinta Fashion di Bandung

4). Spiritual Support

Dukungan-dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat sangat mempengaruhi perkembangan bisnis yang sedang anda jalankan.  Dengan adanya dukungan tersebut, kita bisa merubah masalah menjadi sebuah tantangan. Maka dari itu senantiasalah berbagi kepada keluarga dan orang terdekat baik dalam keadaan senang maupun sulit. Terutama kepada kedua orang tua.

Neta Aini :