Input your search keywords and press Enter.

Cara Investasi Emas Yang Menguntungkan Untuk Pemula Agar Tidak Tertipu

cara investasi emas yang menguntungkan

Image by cnbc.com

Banyak yang beranggapan investasi emas kurang menguntungkan dibandingkan jenis investasi lain, seperti properti ataupun saham. Walaupun demikian, sampai sekarang emas tetap menjadi pilihan sebagai sarana investasi. Hal ini dikarenakan investasi emas tergolong investasi yang paling mudah dilakukan. Selain itu, emas bisa dikatakan kebal inflasi dan memiliki nilai jual yang cenderung meningkat setiap tahunnya.

Meskipun demikian, berinvestasi emas juga perlu cara yang benar agar menghasilkan keuntungan. Jangan sampai kamu salah dalam mengambil langkah, karena bisa jadi bukannya menghasilkan untung tapi malah buntung. Lalu bagaimana cara investasi emas yang benar agar menghasilkan keuntungan? Penasaran?? Yuk simak ulasan berikut :

Jika ingin berinvestasi emas, maka pilihlah emas batangan

Terdapat beberapa jenis emas yang dijual di pasaran, seperti emas batangan, emas, perhiasan dan emas koin. Nah, jika kamu berniat untuk investasi emas, maka pilihlah emas batangan.  Memang tidak salah jika kamu ingin membeli emas perhiasan, akan tetapi  jika membeli emas perhiasan akan ada biaya cetak yang lumayan besar. Sehingga jika emas ini dijual kembali maka harga jualnya cenderung lebih rendah daripada harga beli.

Baca Juga : Cara Membedakan Emas Batangan Asli dengan Emas Batangan Palsu

Tetapkan tujuan berinvestasi, atur strategi

Dengan adanya tujuan, maka investasimu akan lebih terarah dan bisa menjadi pemicu semangat untuk lebih giat berinvestasi. misalnya kamu ingin berinvestasi emas dengan tujuan untuk tabungan membeli rumah. Lalu atur strategi misalnya  setiap bulan kamu harus membeli emas  5 gram selama 4 tahun dan usahakan untuk tetap konsisten  sampai batas waktu yang ditentukan. Jangan sampai tergiur untuk menjual emas tersebut jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak dan selalu ingat tujuan awal menabung emas tersebut.  Dan yang paling penting, sesuaikan  target dengan kondisi keuanganmu. Karena jika tidak singkron dan terlalu ketinggian justru itu akan memberatkanmu nantinya.

Cek harga sebelum membeli

Harga emas cenderung berubah-ubah setiap harinya. Nah, agar menghasilkan keuntungan belilah emas disaat harga rendah dan jual disaat harga sedang tinggi. Untuk itu cek harga sebelum membeli. Kamu bisa mengecek harga emas dengan bantuan internet atau di tempat penjualan emas batangan. Tempat penjualan emas batangan yang paling murah yaitu  di pusat penjualan emas ANTAM Pulogadung kerena harga jual yang ditetapkan adalah harga pabrik. namun jika lokasimu jauh , kamu bisa membeli emas batangan di toko emas, kantor pos, pegadaian,  ataupun butik emas ANTAM yang  menawarkan harga kompetitif.

Baca Juga : Lebih Baik Mana ~ Deposito atau Investasi Emas ?

Pilih tempat membeli yang terpercaya

Pastikan kamu membeli emas di tempat yang terpercaya, karena maraknya penipuan emas. Kamu bisa membeli emas batangan di pusat penjualan emas ANTAM di Pulogadung dengan harga pabrik, atau jika lokasimu terbilang jauh dari tempat tersebut, kamu bisa membeli emas batangan di tempat-tempat terpercaya seperti berikut ini :

  • PT Pegadaian, kamu bisa membeli emas batangan di pegadaian jika tidak bisa membeli langsung ke Pulogadung. Terlebih lagi kantor cabang pegadaian sudah tersebar hampir ke seluruh pelosok desa. Kamu bisa membeli secara nyicil atau pun secara tunai langsung.
  • Bank Syariah, selain menawarkan transaksi yang bebas riba, bank, bank syariah juga menawarkan investasi emas. Kamu bisa membeli emas di bank-bank syariah seperti BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Syariah lainnya.
  • PT Pos Indonesia, selain tempat tempat yang dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa membeli emas di kantor pos yang bekerja sama dengan ANTAM. Kamu bisa membeli emas batangan dengan berat mulai dari 0,5 gram.

Periksa kondisi emas

Periksalah kondisi emas sebelum membeli, pastikan emas yang kamu beli  terjamin keasliannya serta memiliki kesesuaian  kode batch di fisik serta sertifikatnya.

Simpan di tempat yang aman

Nah, ini merupakan langkah terakhir yang harus kamu lakukan agar investasi emasmu menguntungkan. Yaps, jangan lupa untuk menyimpan emas di tempat yang aman, mengingat emas ini rentan pencurian. Kamu bisa menyimpannya di lemari yang terkunci, di brankas, ataupun menyewa Safe Deposit Box (SDB) yang biasanya ditawarkan di bank, pegadaian ataupun di ANTAM sendiri.

Baca Juga : Fakta Bisnis Online Yang Sering Di Rahasiakan ! Kita Bongkar

Indra Sugiarto

Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − four =

error: Content is protected !!