Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

2697 views

Mempercepat loading blog merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap webmaster yang ingin mendalamai dunia blogging terutama yang menjalani program internet marketing atau untuk blog adsense.

Halaman situs yang memiliki waktu loading yang lama akan memberikan pengalaman berinternet yang kurang baik bagi para pembaca dan pencari informasi terutama pada blog kita. Selain itu, mesin pencari seperti Google juga sangat menyukai blog dengan kecepatan loading bagus maksudnya pengguna tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk menunggu tampilan suatu halaman web, dengan begitu kecepatan memuat blog juga akan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya traffik suatu blog.

Lamanya waktu yang digunakan untuk memuat sebuah halaman hingga tampil secara sempurna ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya seberapa berat beban halaman yang sedang dimuat dan ditampilkan, serta kecepatan koneksi internet dari pengguna juga perlu diperhatikan.

Masalah yang akan kita atasi adalah masalah pertama karena sebagai webmaster yang bisa kita lakukan adalah mengoptimalkan kecepatan loading blog karena kita tidak bisa mempercepat koneksi internet pengguna yang mengakses blog milik kita 🙂

Cara Mempercepat Dan Meringankan Loading Blog

Keuntungan yang kita peroleh sebagai webmaster dengan blog ringan adalah meningkatnya kunjungan serta pageview, naiknya peringkat blog pada hasil pencarian search engine jika anda moneitize blog menggunakan adsense atau iklan mandiri tentunya juga akan berdampak pada pendapatan yang akan anda terima juga. Kerugiannya anda bisa perkirakan sendiri apa yang akan terjadi jika loading blog lambat :).

Sebenarnya mengatasi masalah loading blog ada beberapa cara, jika masalah tersebut disebabkan karenacara mempercepat loading blog wordpress beratnya beban server yang dimuat. Dari pengalaman admin serta masukan dari teman bahwa penyebabnya adalah :

  1. Penggunaan file gambar yang terlalu berat dan besar.
  2. Template blog menggunakan background gambar
  3. Terlalu banyak memasang widget dan plugin pada blog
  4. Penggunaan CSS, HTML dan Javascript yang terlalu berat
  5. Terlalu banyak penempatan iklan pada blog

Ini adalah masalah yang sering menjadi penyebab waktu loading menjadi lama. Berikut akan saya jelaskan mengenai cara menyelesaikan masalahnya 🙂

1. Compress Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang besar bisa menjadi penyebab loading blog menjadi berat, solusiny dengan melakukan compress pada gambar tersebut sebelum mengupload ke website selain itu anda juga bisa menggunakan fitur Photon yang ada pada plugin Jetpack. Pengguna website wordpress memang sangat di manjakan dengan adanya fitur Photon pada Jetpack. Cara kerja fitur Photon itu sendiri adalah mengoptimalkan gambar yang ada pada website, gambar tersebut ditempatkan pada cloud atau cdn yang memiliki server berkecepatan tinggi milik wordpress.

 2. Hilangkan Background Gambar

Pada poin sebelumnya, penggunaan gambar yang cukup besar pada postingan saja sudah cukup membuat berat loading website apalagi jika background blog menggunakan  gambar tentunya akan membuat server menjadi lebih berat lagi.

Jika ini adalah penyebab blog anda menjadi berat maka silahkan hapus backgroung gambar tersebut lalu gantikan dengan warna dasar seperti hitam atau putih. Setelah anda hapus maka anda akan merasakan bedanya saat mengakses situs web tersebut.

3. Hapus Widget Dan Plugin Yang Kurang Bermanfaat

Widget yang kurang bermanfaat disini saya maksudkan adalah widget yang tidak bisa memberikan efek baik atau nilai tambah terhadap blog seperti jam digital, kalender, animasi flash, dan masih banyak lagi widget lain yang tidak meningkatkan kualitas blog sebaiknya dilepas dan pasang saja widget yang penting pada blog seperti postingan terbaru, postingan terpopuler, arsip, kategori dan kotak pencarian yang tentu akan mempermudah pembaca dalam menemukan konten yang ada pada blog wordpress anda,

4. Compress Script CSS, HTML, dan Javascript Pada Blog

Saat ini cukup banyak tool yang bisa digunakan untuk compress script CSS, HTML dan Javascript secara online yang bisa digunakan secara gratis. Gunakan aplikasi webmaster milik google yaitu PageSpeed Insights fungsinya adalah untuk mengetahui seberapa cepat loading blog, pada aplikasi ini juga ditunjukkan apa saja yang harus diperbaiki untuk bisa meningkatkan lagi performa blog seperti ada script yang terlalu berat untuk dimuat. Kemudian ambil dan compres script yang telah ditentukan ( Jangan lupa melakukan backup terlebih dahulu ).

5. Batasi Jumlah Serta Ukuran Iklan

Setiap kita menambahkan aksesoris atau apapun pada blog pasti akan menambah berat server tidak terkecuali dengan penambahan iklan yang terlalu banyak pada blog. Saya mengerti kalau anda ingin menghasilkan pendapatan yang lebih dari iklan pada blog tersebut maka anda menempatkan banyak iklan. Namun, kenyamanan para pembaca juga harus kita perhatikan sebagai pemilik dan webmaster web agar penghasilan dari blog dapat mengalir ke dompet secara berkesinambungan.

Untuk itu jangan berlebihan meletakkan iklan pada blog serta ukuran iklan jangan terlalu besar. Jika ingin meletakkan iklan banner atau banner animasi usahakan untuk di compress terlebih dahulu bannernya agar tidak terlalu berat ketika pembaca membuka situs web anda.

Ini saja yang mungkin yang perlu saya sampaikan, semoga bermanfaat dan jika ada informasi terbaru mengenai cara mempercepat dan meringankan loading blog wordpress maka akan saya update lagi artikelnya. Terima kasih 🙂

Wordpress

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait