#Emas : Cara Membedakan Emas Batangan Palsu dan Emas Batangan Asli

318 views

#Emas – Cara Membedakan Emas Batangan Palsu dan Emas Bantangan Asli Agar Terhindar Dari Penipuan Saat Investasi Emas. Saat ini dunia semakin maju, teknologi semakin canggih dan apapun bisa dilakukan terutama dalam hal memalsukan. Apa saja dipalsukan mulai dari beras palsu ( plastik ), uang palsu hingga emas palsu. Semua ini terjadi karena banyaknya oknum yang ingin memperoleh keuntungan dengan menipu orang lain berkedok investasi emas.

Banyak hal yang perlu anda siapkan untuk masuk kedalam dunia investasi termasuk investasi emas. Memang emas, dari dulu selalu menjadi logam kebanggan dan selalu memiliki nilai tinggi wajar saja bila banyak yang ingin investasi kekayaan dalam bentuk emas.

Pembahasan mengenai persiapan investasi emas akan kita bahas kali ini adalah mengetahui perbedaan antara emas batangan yang asli dengan yang palsu dengan begitu kemungkinan anda untuk tertipu ketika ingin berinvestasi akan semakin kecil.

membedakan emas batangan

Tips Membedakan Emas Batangan Asli dan Emas Batangan Palsu

Untuk keamanan transaksi pembelian emas batangan, sebaiknya dilakukan di gerai-gerai resmi ANTAM ( Aneka Tambang ) yang merupakan perusahaan BUMN Indonesia yang memproduksi segala macam tambang yang kemudian mengeluarkan sertifikat atau surat-surat resmi dari logam misalnya emas dan perak yang diproduksinya itu secara legal.

Kalaupun tidak memungkinkan untuk bertransaksi emas di gerai ANTAM, anda bisa membelinya di tempat-tempat terpercaya  untuk membeli emas misalnya bank syariah dan pegadaian. Berikut tips membedakan emas batangan asli dan emas batangan palsu yang buatusaha.com persembahkan untuk pembaca. Silahkan disimak.

#1. Emas Batangan Memiliki Identitas Pada Fisik Emas Batangan dan Sertifikat Resmi

Hal pertama ketika membeli emas, lihatlah kondisi fisik emas. Emas batangan murni akan memiliki identitas yang tercetak pada fisiknya sama dengan yang ada pada sertifikatnya seperti logo LM, nomer lot, berat emas, kadar emas dan identitas penting lainnya. Bila anda membeli emas maka tidak ada identitasnya harap waspada dengan hal tersebut karena kemungkinan besar emas batangan tersebut palsu.

#2. Uji Kandungan Magnet Dalam Emas

Bila anda ingin menguji keaslian emas batangan bisa dengan mencoba melakukan pengujian secara sederhana menggunakan magnet. Gunakan medan magnet yang cukup kuat untuk menguji keaslian emas. Bila emas melekat dengan medan magnet berarti emas batangan tersebut tidak murni, bisa jadi sudah dicampur dengan dengan logam lain seperti nikel, tembaga, kuningan yang lainnya.

Ketika emas menempel pada magnet bisa jadi bahwa emas hanya lapisan luarnya saja sedangkan dibagian dalamnya adalah logam lain.

#3. Melakukan Pengujian Dengan Menggunakan Cairan Nitric Acid ( Cairan Penguji Tingkat Keasaman )

Cairan ini merupakan cairan asam yang digunakan pada toko – toko emas untuk menguji keaslian emas. Cara pengujiannya adalah menggosokkan emas batangan pada batu penguji dan kemudian meneteskan cairan Nitric Acid pada goresan emas pada batu tersebut. Jika bekas goresan emas pada batu tersebut hilang maka emas tersebut tidak murni.

Berhati-hati bila anda menggunakan cairan ini karena cairan ini adalah cairan berbahaya, selain itu harganya juga cukup lumayan.

Baca juga : 7 Tips Menghindari Jerat Hutang

#4. Tes Emas Dengan Goresan, Bila Meninggalkan Bekas Goresan Hitam Berarti Palsu

Emas batangan murni tidak akan meninggalkan goresan warna hitam bila anda menggoresnya. Coba dengan menggoreskannya pada keramik. Bila memang terbukti tidak meninggalkan bekas hitam berarti emas batangan tersebut asli bila ada bekasnya itu menandakan sebaliknya yaitu PALSU.

Pengujian emas ini, untuk membantu anda melakukan tes sendiri bila ingin melakukan transaksi demi keamanan dari penipuan para oknum yang sengaja menggunakan kedok investasi emas batangan. Mudah-mudahan bisa membantu bagi calon investor emas.

Emas Investasi EMas

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait