Input your search keywords and press Enter.

Jangan Minder Tinggal Di Desa ! Yuk Intip Peluang Bisnis di Desa

Peluang usaha di desa

Image by theindonesianinstitute.com

Banyak yang beranggapan bahwa hidup di kampung itu identik dengan kemiskinan, dan tertinggal. Sehingga banyak pemuda-pemuda yang merantau ke kota dengan  harapan bisa meraih kesuksesan. Nyatanya, ketika sampai ke kota justru malah sulit mencari pekerjaan jika tidak dibekali dengan keterampilan atau pendidikan yang mumpuni. Akibatnya setiap tahun kota-kota besar semakin penuh sesak dengan bertambahnya pendatang dari desa. Sedangkan di desa semakin kekurangan pemuda-pemuda yang diharapkan bisa membangun. Lalu terjadilah ketimpangan social yang begitu mencolok antara kota dan desa.

Sudah saatnya untuk merubah pola fikir kita bahwa hidup dikampung juga bisa sukses. Asal ada kemauan dan tekad  yang kuat maka kesuksesan bisa diraih meskipun tinggal di desa.  Salah satu cara  meraih sukses adalah dengan berbisnis. Kira- kira apa aja yaa bisnis yang bisa dilakukan di desa?? Yuk simak ulasan berikut:

Baca Juga : Peluang Jasa Titip Yang Sukses Buat Yang Suka Belanja

1). Beternak ayam kampung

Beternak ayam kampung termasuk bisnis yang cukup potensial. Pasalnya, selain harga nya yang lebih mahal dibandingkan ayam  ras, pasokan  ayam kampung di pasaran masih belum bisa memenuhi permintaan konsumen. Jika kamu menggeluti bisnis ini secara maksimal, maka dalam waktu sekitar 3 bulan kamu sudah dapat merasakan hasilnya. Hasil ternak ayam kampung tersebut kamu  pasarkan untuk memenuhi kebutuhan pasar di kota. Cukup menggiurkan bukan??

2).Budidaya ikan

Lahan yang luas  serta kondisi alam yang masih bersih dan asri membuat desa menjadi tempat yang cocok untuk  budidaya ikan. Berbekal modal dibawah 5 jutaan dan sedikit pengalaman, maka kamu sudah bisa menjadi juragan ikan di masa depan.  Ikan hasil ternakmu bisa kamu pasarkan untuk memenuhi permintaan ikan di perkotaan.

3). Bisnis produk pertanian

Wilayah pedesaan   memang selalu identik dengan pertanian.  Hal ini dikarenakan  lingkungannya memang sangat mendukung untuk kegiatan  bertani. Maka tak ada salahnya jika kamu juga  menjadi petani, tetapi petani yang sukses. Akan lebih baik jika menanam tanaman organik, karena besarnya permintaan akan produk pertanian organik yang diiringi dengan tingginya harga jual produk tersebut. Harga produk pertanian organik umumnya 2 kali lipat lebih mahal dibandingkan harga produk pertanian biasa. Prospek bisnis tanaman organic tergolong menjanjikan, dikarenakan semakin banyak masayarakat yang menganut gaya hidup sehat dengan semboyan back to nature.  Dengan di dukung lingkungan pedesaan yang masih asri dan terjaga maka sudah saatnya kamu menjadi pebisnis tanaman organik.

4). Bisnis kuliner tradisional

Kuliner tradisional kini tengah banyak digandrungi. Menikmati kuliner tradisional seakan membawa kita akan kenangan di masa lalu. Dengan sedikit inovasi dan kreasi, dijamin produk tradisionalmu akan menjadi viral dan paling banyak diburu. So, tunggu apalagi??

Baca Juga : Cara Meningkatkan Bisnis UKM dan Mengembangkan UKM Hingga Sukses

5). Membuat desa wisata

Bisnis yang satu ini memang tidak bisa kamu lakukan sendirian. Kamu harus mengkoordinasikan ide bisnismu ini keseluruh elemen masyarakat pedesaan. Memang terlihat agak rumit, tapi yakin lah jika idemu ini bisa berhasil, maka bukan kamu sendiri yang akan merasakan manfaatnya, tapi hampir seluruh masyarakat juga akan turut kecipratan. Kapan lagi kamu bisa sukses dan bermanfaat bagi masyarakat?? Jangan sia-siakan kesempatan ini, terlebih lagi jika desamu memiliki  destinasi wisata alam yang indah seperti air terjun, pantai, danau dan sebagainya. Dengan menjadi desa wisata, maka akan terbuka peluang—peluang bisnis yang baru yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 16 =

error: Content is protected !!