Mengapa Asuransi Syariah? Konsep Islami Dalam Asuransi

Asuransi syariah mubarakah sepertinya menjadi pilihan beberapa masyarakat yang menginginkan asuransi yang aman. Beberapa orang yang memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi adalah mereka yang mengetahui manfaat dari asuransi dan keuntungan investasi yang akan didapatkan. Sedangkan orang-orang yang belum memiliki asuransi memiliki alasan tertentu mengapa mereka belum juga memilikinya.

Alasan tersebut bisa jadi karena tidak terlalu paham mengenai pentingnya asuransi. Penting bagi Anda untuk memahami polis asuransi sehingga kini ada sebuah inovasi baru yang dinamakan asuransi syariah mubarakah yaitu asuransi yang memakai hukum Islam. Jadi maksud dari asuransi ini adalah sistem yang dijalankan adalah sistem yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan pada hukum Islam.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim yang cukup banyak adalah target pasar yang cukup besar bagi nasabah-nasabah baru asuransi syariah. Prinsip syariah sebagai salah satu prinsip di dalam kehidupan dapat diaplikasikan juga dalam  roda perekonomian di Indonesia. Meskipun begitu, kehadiran dari asuransi syariah di Indonesia bisa dikatakan terlambat karena ada  negara tetangga sudah lebih dulu mendirikan asuransi syariah yaitu Malaysia (1983) , Indonesia (1992), dan Brunei Darussalam (1993).

Apa itu asuransi syariah mubarakah?

Asuransi ini disebut juga sebagai  asuransi ta’awun. Asuransi ta’awun adalah asuransi yang artinya saling menolong. Ketika Anda menjadi nasabah dari asuransi ini, maka partisipan yang terlibat dapat saling menjamin antara satu pihak dengan pihak lainnya Partisipan saling menjamin dan saling menolong dalam bentuk investasi. Investasinya juga tidak semabarangan, karena investasinya sesuai dengan syariah yang ada di agama Islam.

Ada banyak produk yang dihasilkan oleh asuransi ini seperti  asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan. Semua asuransi ini sudah bersifat syariah. Banyak masyarakat Indonesia yang sudah memahami aturan mengenai jenis asuransi yang satu ini dan tidak sedikit juga yang sudah menjadi nasabah dari asuransi tersebut. Beberapa alasan yang menyebabkan orang memilih untuk menggunakan jasa asuransi ini karena beberapa hal.

Transparan

Ketika Anda menjadi nasabah dari asuransi syariah, maka segala bentuk  manfaat, pengelolaan, dan pembagian hasil yang bersumber dari asuransi syariah memiliki sifat yang transparan dan rinci. Hal ini membuat nasabah atau partisipan memiliki keyakinan untuk percaya dengan dana dikelola dalam asuransi syariah. Setiap tahunnya, para nasabah mengetahui berapa banyak dana yang terkumpul dari partisipan lain di dalam grup.

Halal

Jika berbicara mengenai Islam, maka salah satu kata yang identik adalah halal. Umat muslim selalu membawa konsep atau gaya hidup halal di dalam kehidupannya, termasuk ketika memilih sebuah asuransi. Asuransi syariah adalah asuransi yang dikelola dengan hati-hati, bahkan asuransi syariah berada dibawah pengawasan MUI. Pengelolaan asuransi syariah adalah pengelolaan yang jauh dari hal-hal yang bersifat riba, judi, atau bertentangan dengan agama Islam. Dengan begitu, asuransi syariah dapat membuat para nasabahnya merasa tenang karena asuransi syariah diatur dalam  hukum syar’i.

Kelebihan asuransi syariah

Ada beberapa keistimewaan yang akan Anda dapatkan apabila Anda menjadi nasabah dari asuransi syariah. Salah satunya adalah ketika Anda mengambil asuransi pendidikan yang bersifat syariah. Apabila pemilik dari polis asuransi meninggal, maka anak atau ahli waris mendapatkan beasiswa. Tidak tanggung-tanggung, bantuan beasiswa yang diberikan mulai dari tingkatan TK sampai dengan perguruan tinggi. Tidak hanya beasiswa, namun juga akan mendapatkan bebas premi. Bebas premi adalah partisipan tidak perlu membayar premi. Denganasuransi syariah mubarakah, anak pun bisa tenang melanjutkan sekolah.

Indra Sugiarto :Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.