Peluang Usaha di Musim Panas Yang Cocok dan Menguntungkan

4266 views

usaha di musim panasa yang cocok

Musim panas yang saat ini sudah melanda sebagian besar wilayah Indonesia memang sudah tidak bisa di hindari lagi karena sudah proses alaminya. Musim panas di Indonesia sangat identik dengan kemarau, kekeringan sumber air, sungai mengering bahkan gagal panen juga bisa terjadi. Namun, karena Indosia adalah wilayah katulistiwa dan daerah beriklim tropis maka hanya ada dua musi yaitu Musim Kemarau ( Panas ) dan Musim Hujan.

Datangnya musim panas bukan hanya akan memberikan efek buruk tapi juga akan membawa dampak positif juga pada masyarakat Indonesia. Banyak yang memanfaatkan musim panas ini untuk membuka usaha baru yang kiranya punya potensi bagus dan cocok walaupun dengan modal kecil.

Jenis usaha di musim panas yang cocok untuk anda jalankan di kampung, desa maupun di kota akan kamu jabarkan dibawah ini lengkap dengan perkiraan modal serta resiko dan keuntungannya bila dijalankan. Jadi, anda boleh pilih mana yang cocok kiranya dengan minat, daerah usaha dan target pelanggan anda.

Jenis Usaha di Musim Panas

#1. Jualan Minuman Dingin / Es

Saat cuaca panas di siang hari dan dalam keadaan gerah serta haus. Pasti ingin minum dan makan yang segar-segar seperti Es atau minuman dingin. Tenggorokan yang tadinya kering dan haus akan langsung terasa segar, dan badan yang lesu, gerah akan bersemangat di siang hari yang panas setelah minum minuman dingin ( kalimatnya terdengar seperti iklan ya 🙂 ).

Baca Juga : Peluang Bisnis Pulsa Mudah dan Murah

Jualan minuman dingin dalam kemasan bisa anda jalankan dengan modal kecil. Anda hanya memerlukan coolbox untuk tempat minuman serta wadah menjaga suhu minuman agar tetap dingin dan Es Batu sebagai media pendingin minuman. Gambaran jelasnya mengenai peralatan dan perlengkapan usaha ini adalah :

a). Minuman Kemasan seperti 6 Aqua Botol, 4 Teh Pucuk, 4 Sprite Botol/Kaleng, 4 Pulpy Orange, 4 Green Tea, 4 Mizon dan 4 Pocari Sweat. Total biaya : Rp. 200.000 (harga minuman untuk tiap botolnya berbeda, disini admin sudah menghitung langsung. Tapi, mungkin tiap daerah berbeda harga eceran terendahnya ) atau bila anda ingin menjual di dekat sekolahan atau taman bermain bisa juga dengan menyediakan minuman dengan kemasan gelas seperti teh gelas, jelly drink, sarang walet, aqua gelas dan lainya karena akan lebih terjangkau harganya bagi anak-anak yang uang sakunya sedikit.

b). CoolBox atau Termos Es, nama kotaknya sama dengan fungsinya yaitu untuk menjaga suhu dingin. Anda bisa pilih cool box atau termos es karena kedua benda ini berbeda. Kalau cool box bentunya persegi panjang sedangkan termos es ada yang bentuknya tabung atau silinder dengan berbagai ukuran tapi fungsinya sama. Di dalam termos es atau cool bos inilah anda nantinya meletakkan es batu dan minuman kemasan yang selanjutnya siap anda jual. Harga sesuai ukuran dan kualitas, untuk kualitas standar anda bisa dapatkan dengan harga Rp 150 ribu – Rp 200 ribu.

c). Es Batu, untuk yang ini anda bisa beli di warung, tetangga atau agen es batu yang menjualnya. Bila anda punya Kulkas sendiri itu bagus karena akan lebih dapat menekan modal dan memaksimalkan modal karena tidak perlu beli es batu lagi. Bila harus beli es batu, biaya Rp 5 ribu – Rp 10 ribu cukup, tapi harus di sesuaikan dengan ukuran cool box atau termos es dan isinya agar cepat dingin.

Usaha minuman dingin kemasan ini lebih cocok bila keliling dengan menggunakan sepeda motor atau sepeda. Coolboxnya bisa anda ikat di boncengan motor bagian belakang dengan karet ban. Nah, sekarang anda bisa berjualan keliling dan mencari caloon pelanggan.

#2. Usaha Es Kelapa Muda / Es Degan

Kelapa muda atau biasa disebut degan adalah minuman favorit dan biasanya tersedia di rumah-rumah makan padang atau tepi jalan. Es kelapa muda memang cocok untuk di jadikan sebagai usaha karena selain segar air kelapa muda ditambah dengan daging kelapa yang masih lembut dan manis itu membuat dahaga hilang juga bermanfaat mengembalikan ion tubuh. Jadi, selain sehat juga segar dan mampu mengganjal perut keroncongan (kebiasaan di desa, kalau lagi panas biasanya ke kebun buat ambil kepala muda).

Modal yang dibutuhkan juga tidak besar karena perlengkapannya tidak terlalu banyak dan rumit seperti Parang atau pisau besar, termos es, gelas lengkap dengan pipet dan sendoknya, meja lipat dan kursi plastik (bila usaha di jalankan di rumah maka bangku dan meja kau bisa di gunakan untuk menekan modal) , kelapa muda, es batu, susu kental manis, sirup. Usaha ini memang lebih cocok untuk rumahan.

Perkiraan modal usaha ini sekitar Rp 2.000.000 – Rp. 2.500.000 bila meja lipat dan kursi plastik anda beli.

Baca Juga : Peluang Usaha Laundry Modal Kecil

#3. Usaha Buah Potong Dingin

Buah dingin enak sekali kalau dimakan waktu panas. Apalagi kalau buahnya itu manis dan buah kesukaan seperti Semangka, Buah Naga, Pepaya, Nanas dan lain sebagainya. Sudah terbayang nikmatnya makan buah dingin ketika musim panas, saya pas buat artikel ini juga lagi makan buah dingin dari kulkas. Karena ini akan menjadi penyemangat saya serta bukti bahwa buah dingin juga mampu menghilangkan dahaga dan rasa gerah di siang hari.

Usaha ini agak memiliki kemiripan dengan usaha minuman dingin. Anda butuh sebuah box kaca dengan ukuran 50 cm x 30 cm juga sudah cukup besar sebagai tempat buah dingin yang sudah di potong ini yang nantinya disitu juga anda meletakkan es batu dan buah siap di jual. Dengan kotak kaca ini, orang dari jauh sudah bisa melihat bahwa anda menjual buah dingin dan akan tampak lebih menggugah minat pembeli serta terlihat lebih higenis, dibanding menggunakan termos yang tidak terlihat dari luar.

Anda bisa memilih buah yang kiranya segar dan nikmat dimakan saat dingin.

Bila anda ingin ide yang lebih kreatif, silahkan potong dadu buah yang akan di jual dan tusuk menggunakan lidi sate. Nah, jadilah sate buah yang nikmat. Untuk buahnya silahkan variasikan sendiri berdasarkan kreatifitas anda.

Modal untuk usaha ini sekitar Rp 400.000 – Rp. 800.000 di awal karena anda perlu pesar kotak kaca tersebut. Tapi untuk selanjutnya anda hanya perlu membeli buah dan es batu saja sebagai pendinginnya.

#4. Usaha Es Tebu

Tebu yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Pasti semua tahu manisnya rasa air tebu, biasanya kita konsumsi tebu dengan menggigit dan memamah tebu tersebut agar airnya keluar begitu juga dengan usaha es tebu. Tapi, untuk mengeluarkan airnya tidak di mamah menggunakan mulut tapi di peras/di jepit dengan mesin penggiling yang khusus untuk tebu hingga airnya keluar.

Air tebu yang kaya manfaat terutama bagi para wanita yang terkadang haid yang tidak teratur/ tidak lancar bisa coba konsumsi air tebu untuk memperlancar ( Sumbernya saya pernah baca di situs berita online, jika salah mohon maaf karena ini blog bisnis bukan blog kesehatan ). Usaha ini akan sangat laku maik itu di kampung atau di kota. Apalagi bila anda memilih daerah mangkal yang tepat seperti depan sekolahan atau dekat dengan taman, warnet, kos atau komplek perumahan.

Usaha ini membutuhkan modal awa yang cukup besar untuk membeli mesin dan grobak untuk usahanya Harga mesin giling tebu yang standar sekitar Rp 1.500.000 tapi untuk yang desain khususnya ada yang seharga Rp 2.600.000. Itu untuk mesin, kemudian gerobaknya bisa buat sendiri atau pesan ke pembuatnya dengan patokan harga sekitar Rp 1.000.000 atau lebih tergantung pesanan anda dan harga yang di tetapkan sang pembuat. Lalu, tebunya bisa anda beli langsung dari kebun ata petaninya. Jika di daerah saya sudah ada langsung perkebunan tebu dan bila stok tidak cukup, para penjual es tebu akan mencari dari rumah ke rumah yang memiliki tanaman.

Total modal yang harus di keluarkan untuk usaha ini sekitar Rp. 4 Juta – Rp 5 Juta di awalnya. Selanjutnya anda hanya perlu membeli minya atau bahan bakar mesin, tebu sebagai bahan dasar, plastik es bening ukuran 1/4 atau 1/2 kg, karet, dan sedotan serta plastik asoy hitam sebagai wadah.

Baca Juga : Usaha Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha di Kampung Usaha di Musim Panas Usaha di Musim Panas Yang Cocok Usaha Musim Panas

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

18 − ten =