Peluang Usaha Waralaba Modal Kecil Yang Menguntungkan

Peluang usaha franchise memang sangat menguntungkan bagi para pelakunya karena target pasar di indonesia saat ini masih sangat luas dan besar terutama didaerah yang agak terpelosok atau didesa. Jangan memandang rendah pada tingkat atau daya beli masyarakat pedesaan karena saat ini pola pikir masyarakat desa sudah maju dan banyak meniru gaya hidup masyarakat kota, mulai dari konsumsi, cara berpakaian dan produk lainnya. Hal ini bisa menjadi target yang sangat bagus untuk mencoba peluang usaha franchise ( waralaba ) ini.

Target pasar seperti inilah yang banyak dilirik oleh para penggiat usaha untuk terus meningkatkan dan memperbanyak cabangnya disetiap daerah yang punya potensi pelanggan besar, maka hal ini juga yang membuat banyak orang termasuk yang baru dalam bidang bisnis ikut menggeluti usaha waralaba ini, karena tawaran profit yang akan didapat sangat besar dan pastinya dengan cara pengelolaan yang baik pula.

Peluang Usaha Waralaba Modal Kecil Yang Menguntungkan

peluang usaha waralaba

Bisnis franchise memang akan terdengar sedikit aneh dan asing terdengar bagi orang yang masih awam dan belum pernah menceburi bidang bisnis. Franchise atau waralaba adalah cabang atau agen yang diberikan kebebabasan dari pewaralaba ( pemilik hak paten / distributor pusat ) kepada pengusaha atau badan usaha lain yang hendak bekerja sama dalam bidang penjualan, promosi terhadap produk yang dimiliki oleh pewaralaba dalam jangka waktu tertentu dan dengan aturan tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang menjadi agen atau cabang pewaralaba yang memiliki brand terkenal.

Banyak yang menganggap bahwa butuh biaya yang sangat besar dalam memulai bisnis ini. Memang ada benarnya juga anggapan tersebut. Bisnis franchise biasanya di jual dalam rentang harga sekitar 10 Juta – 1 Milyar. Tapi, saat ini, sudah banyak pengusaha yang menjual waralaba dengan harga dibawah 10 Juta dan ini sangat cocok dengan calon pengusaha yang ingin membuka usaha namun memiliki modal minim. Selain itu, Bisnis waralaba memerlukan tenaga kerja ( karyawan ) untuk mempermudah pekerjaan anda dan hal lain yang harus anda persiapkan sebelum membuka bisnis waralaba.

Tips Memilih Usaha Waralaba Terbaik

Sebelum kita bahas mengenai jenis waralaba yang baik dan bagus untuk dibeli dan dijalankan, sebaiknya anda baca terlebih dulu tips memilih usaha waralaba ini, agar nantinya tidak salam memilih dan menyesal diakhirnya, berikut tipsnya :

1. Pilih jenis waralaba yang sesuai dengan kepribadian

Hal ini sangat berpengaruh dengan terhadap perkembangan bisnis anda karena biasanya ketika membeli waralaba maka kita akan menandatangani kontrak dan perjanjian. Bisnis waralaba ini ibaratkan meniru cara dan langkah menjalankan bisnis yang sudah diterapkan oleh pewaralaba dalam membangun bisnisnya sejak awal. Namun, tidak semua calon pengusaha itu memiliki kepribadian yang sama dan penurut untuk bisa mengikuti langkah-langkah membangun bisnis yang sudah ditetapkan dan dijalankan.

Jadi, sebaiknya pilih waralaba yang anda rasa pas dengan kepribadian.

2. Bijak dalam mempelajari tawaran bisnis franchise

Maksudnya adalah berhati-hati dan cerdas ketika anda sedang mendapat penawaran atau menemukan tawaran yang menarik. jangan sampai anda membeli franchise yang hanya bagus ketika promosi namun setelah dijalankan hanya penyesalan yang didapat. Penipuan dalam bidang franchise ini sering terjadi, maka anda harus jeli dalam mempelajari bidang franchise yang anda pilih. Telusuri dulu siapa franchisornya, sudah sejak kapan franchise itu berjalan, apa kelebihan dan kekurangannya termasuk pula produk yang akan di jual.

Kenapa begitu ? Ya, pertama untuk mengetahui apakah bidang franchise yang anda pilih memang bonafit dan yang kedua adalah untuk menentukan target pasar dalam artian daerah yang cocok untuk menjalankan bisnis waralaba tersebut. Pertimbangkan juga lokasi usaha anda untuk menjamin keamanan dan kemudahan para konsumen nantinya.

3. Pilih waralaba yang kiranya mudah dijalankan

Dengan memilih waralaba yang mudah dijalankan maka kita tidak harus membuang banyak waktu dan pikiran dalam mengelolanya. Tapi yang penting adalah bisa dijalankan secara praktis dan mudah.

4. Memilih waralaba yang punya pelayanan baik dan harga produknya terjangkau

Harga produk yang terjangkau dan pelayanan yang  baik ini sangat perlu diperhatikan bagi para calon pengusaha untuk bisa menarik dan memancing loyalitas konsumen dan konsumen juga merasa terjamin dengan berbelanja di tempat usaha anda bila produk yang dijual memiliki garansi dan kepercayaan para konsumen juga akan terjaga. Nah, anda juga perlu memperhatikan garansi produk yang anda jual jika itu memungkinkan.

5. Pilihlah jenis franchise yang punya banyak konsumen.

Untuk mengantisipasi kerugian yang besar saat menjalankan bisnis franchise ini, ada baiknya anda memilih waralaba yang punya pelanggan yang banyak, tentunya anda mau untung dalam menjalankan bisnis ini. Maka anda harus pintar menyiasati mana jenis waralaba dengan konsumen besar. Jika dilihat dari hasil perkembangan franchise saat ini, yang memiliki konsumen paling besar dan banyak adalah waralaba dalam bidang makanan dan minuman. Salah satu penyebabnya adalah harga produknya terjangkau oleh para konsumen.

Baca Juga : Peluang Usaha Online Shop Tanpa Modal

6. Baca dan pelajari dengan teliti isi kontrak.

Kerjasama dalam bidang franchise biasanya tertuang dalam bentuk perjanjian antara kedua belah pihak yaitu anda sebagai pembeli waralaba dan franchisor ( pemilik hak paten ) produk waralaba yang anda beli. Perjanjian atau kontrak ini nantinya akan dijadikan sebagai pedoman dasar ketika nanti ada permasalahan antara anda dengan franchisor baik itu masalah pembagian fee atau masalah lain maka yang akan jadi asas pertimbangan adalah isi dari perjanjian yang sudah disepakati sejak awal kerjasama.

Penting untuk membaca dengan teliti terlebih dulu dan jangan terburu-buru menandatangani kontraknya.

Jenis Bisnis Waralaba Modal Kecil Yang Menguntungkan

Berikut jenis bisnis waralaba yang bisa jadi pertimbangan anda dan pilihlah bidang waralaba yang cocok dengan minat dan kemapuan anda.

1. Bisnis Waralaba Bidang Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah kebutuhan paling pokok bagi setiap manusia untuk tetap bertahan hidup. Potensi keuntungan yang didapat dengan membuka usaha waralaba bidang makanan dan minuman sangat besar selain itu konsumen pasti selalu ada. Tapi, dalam membangun bisnis waralaba dalam bidang kuliner ini cukup sulit untuk dilakukan terutama jika anda adalah seorang pemula yang belum berpengalaman dalam bidang kuliner seperti ini. Ditambah lagi jika anda membangun brand atau merek baru memang terasa sangat sulit dan lama perkembangannya.

Jangan khawatir jika anda berminat di bidang kuliner, ada banyak franchisor dengan brand ternama yang menawarkan waralaba kepada para calon pengusaha untuk ikut bergabung dengan bisnisnya. Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk mencoba menekuni bisnis waralaba bidang kuliner. Waralaba makanan dan minuman memiliki banyak jenisnya seperti makanan dan minuman siap saji seperti KFC, McDonald, Jus, dan lain sebagainya ada juga jenis makanan dan minuman tradisional daerah misalnya Bandrek atau bisa juga jamu.

Usahakan anda memilih franchise yang unik namun tetap enak dan menggugah selera para konsumen untuk membeli produk anda.

2. Bisnis Waralaba Jasa Kesehatan dan Kecantikan

Bisnis waralaba bidang kesehatan dan kecantikan juga tersedia bagi yang ingin membuka usaha jenis ini misalnya tempat fitness, atau spa dan salon kecantikan. Saat ini, banyak sekali orang yang butuk tempat yang memfasilitasi kegiatan olahraga yang ingin mereka lakukan terutama di hari libur atau ujung minggu yang merupakan waktu untuk santai, liburan maupun olahraga agar kesehatan terjaga.

Bagi ibu-ibu rumah tangga, biasanya di ujung minggu mereka akan pergi ke salon untuk melakukan spa atau salon kecantikan untuk melakukan perawatan kulit tubuh dan wajah. Sebagai calon pengusaha waralaba, anda bisa mengambil peluang ini untuk memulai bisnis waralaba bidang kecantikan dan kesehatan.

3. Bisnis Waralaba Jasa Kebersihan dan Loundry

Prospek bisnis jasa kebersihan dan loundry sangat berpotensi saat ini sebabnya banyak orang yang semakin sibuk dan tidak sempat mengurusi kebersihan rumah termasuk mencuci pakaian. Potensi ini, tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan tapi juga di pedesaan sebab ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan minat pengusaha untuk menceburi bisnis ini adalah kesibukan dalam rumah tangga untuk urusan kerja atau belajar, minimnya pasokan air bersih untuk mencuci pakaian sehingga banyak orang lebih memilih memcucikan pakaian di loundry dari pada mencuci sendiri. Itu merupakan beberapa alasan yang cukup kuat untuk memulai bisnis ini.

Baca Juga : Usaha Waralaba Distro Modal Kecil

Ada baiknya anda juga perhatikan waralaba yang akan anda beli dari franchisor, apakan memiliki reputasi baik atau sebaliknya. Untuk mengantisipasi resiko besar yang akan anda tanggung dikemudian hari akibat memilih waralaba dari franchisor yang memiliki reputasi tidak baik. Baca Juga : Tips Waralaba Cepat Balik Modal

Franchise Peluang Usaha Waralaba Usaha Sampingan Waralaba

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.
  1. author
    Jaka1 tahun ago

    Kalau bicara tentang waralaba, memang tidak ada matinya gan. Bahkan saat ini sudah berkembang dan populer bisnis waralaba yang dijalankan hanya didepan rumah saja.

Tinggalkan pesan

three × 4 =