√ Lebih Baik Mana ? Investasi Emas atau Deposito Untuk Masa Depan

Untuk Jaminan Masa Depan, Pilih Investasi Emas atau Deposito ? – Pertanyaan ini sering muncul di dalam masyarakat ketika bingung hendak memilih investasi emas atau deposito untuk investasi masa depan karena keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan yang juga harus diketahui. Terlebih lagi keduanya sama-sama instrumen investasi.

Agar dapat memilih mana yang lebih baik, kita harus mempelajari detailnya terlebih dahulu. Baru kemudian bisa membandingkan mana yang lebih sesuai untuk anda.

Investasi itu bisa dibedakan menjadi dua yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Selalu perhatikan kebutuhan serta aspek penting dalam berinvestasi sebelum terjun langsung dalam dunia investasi. Karena semua butuh ilmu untuk bisa melakukannya dengan baik

pilih deposito atau investasi emas

Image by https://www.imoney.my/articles/what-is-fixed-deposit-how-do-fixed-deposits-work

Deposito – Kelebihan dan Kekurangannya

Tahukan anda apa itu deposito ? Deposito adalah produk bank yang memanfaatkan uang simpanan dari masyarakat (nasabah) yang menyimpan uangnya di bank, kemudian uang tersebut di kelola oleh pihak bank dengan beberapa cara salah satunya adalah memberikan pinjaman / kredit kepada nasabah yang membutuhkan pinjaman. Nasabah yang mendepositokan uangnya akan mendapat keuntungan dari bunga yang akan dibayarkan oleh bank. Bunga tersebut bersumber dari para peminjam uang (kreditur).

Kelebihan Deposito :

  • Bisa menjadi yang sangat menguntungkan
  • Resiko kerugian cukup kecil, karena adanya LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang menjamin uang anda dari penyimpangan. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan maka LPS akan menjamin nasabahnya hingga Rp 2 Milyar.
  • Aman, dari pencurian atau kehilangankarena uang disimpan di Bank
  • Bisa mengakses bunga deposito dengan mudah untuk beberapa bank mengizinkan. Bukan untuk dana depositonya

Kekurangan Deposito :

  • Nilai investasi sulit atau bahkan tidak akan bertambah
  • Deposito sangat rentan akan inflasi
  • Dana tidak bisa dicairkan kapanpun

Selanjutnya, kita akan bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Investasi emas :

Baca Juga : Jenis Invetasi Yang Cocok Untuk Kawula Muda

Investasi Emas – Kelebihan dan Kekurangan

investasi emas atau deposito

Image by https://www.cnbc.com/2018/02/07/gold-markets-focus-on-on-firmer-dollar-amid-rate-hike-views.html

Emas adalah jenis logam mulia yang sudah dikenal sejak zaman dahulu dan sering melambangkan kemewahan serta kekayaan. Emas sangat dikenal dimasyarakat sebagai media investasi yang sangat menguntungkan, bagaimana tidak ? melihat bentuknya yang menarik baik itu dalam bentuk perhiasan atau emas batangan, harganya juga setiap tahun cenderung naik. Tidak mengherankan bahwa emas sering menjadi incaran untuk investasi jangka panjang dengan harapan dapat mendapat keuntungan besar dari selisih harga pembelian dan penjualan.

Kelebihan  Investasi Emas :

  • Mudah dicairkan kapan saja terutama bila membuatuhkan uang mendadak
  • Emas bebas dari beban pajak
  • Tahan akan inflasi
  • Bisa memulai investasi emas dengan modal yang sangat kecil bahkan bisa membeli dengan modal hanya Rp 500. Bahkan untuk membelinya juga bisa dengan mudah karena saat ini marketplace seperti bukalapak dan tokopedia misalnya sudah menjual emas di platform mereka.

Kekurangan Investasi Emas :

  • Tidak memberikan keuntungan bila dijual dalam jangka waktu pendek, karena emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang.
  • Emas rentan hilang bila di simpan di rumah, namun bisa dengan membeli emas batangan di bank atau pegadaian namun butuh biaya tambahan
  • Emas merupakan jenis investasi jangka panjang
  • Harga emas fluktuatif artinya harga emas tidak stabil walaupun tiap tahunnya cenderung naik tapi tidak dalam waktu sekejap karena butuh beberapa lama untuk bisa naik harganya.

Perbandingan Antara Investasi Emas dan Deposito

Perbandingan mungkin diperlukan untuk melihat mana yang lebih baik antara Investasi emas atau deposito. Tapi, kami punya beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan anda.

  • Untuk tujuan investasi jangka pendek, sebaiknya anda pilih deposito karena bisa mencairkan dana dalam waktu dekat misalnya 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan. Biasanya deposito dibuat untuk keperluan seperti pendidikan, perbaikan rumah dan lainnya
  • Untuk tujuan investasi jangka panjang, sebaiknya anda pilih investasi emas karena dilihat dari untung ruginya emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang. Mengingat bahwa emas harganya cenderung naik.
  • Untuk memberikan keamanan bagi anda, sebaiknya lakukan investasi pada keduanya yaitu Emas dan Deposito. Selain untuk lebih memaksimalkan investasi juga demi diversifikasi.

Baca Juga : 3 Investasi Modal Kecil Yang Menguntungkan

Tags: Deposito Emas Investasi

author
Penulis: 

Posting Terkait "√ Lebih Baik Mana ? Investasi Emas atau Deposito Untuk Masa Depan"

Kekurangan dan Kelebihan Menabung Emas di Pegadaian Tabungan Emas
Menabung emas di pegadaian sudah dibahas pada
Cara Menabung Emas Di Pegadaian dan Pencairannya
Dalam pepatah lama mengatakan, “Hutang emas dapat
Muda Kaya Raya??? Kenapa Engga?? Yuk Simak Jenis Investasi Yang Cocok Buat Kawula Muda
Image by https://www.moneycontrol.com/news/business/markets/want-to-invest-in-companies-like-google-facebook-coca-cola-from-india-heres-how-you-can-do-2326639.html
  1. author

    Wagu5 bulan agoBalas

    cara Ingin menambah deposit agar menguntungkan

Tinggalkan pesan "√ Lebih Baik Mana ? Investasi Emas atau Deposito Untuk Masa Depan"

20 + eight =