Tips : Memilih Arisan Yang Bagus Untuk Hiburan, Bersosialisasi dan Refresing

2223 views

Anda tahu arisan ? Pasti pernah mendengar kata ini baik dari keluarga atau dari teman. Arisan ini sangat umum dan digemari oleh kaum wanita dari berbagai usia. Mulai dari anak sekolah hingga ibu rumah tangga pasti tahu atau bahkan menjadi bagian anggota keolompok arisan tertentu di daerahnya

Arisan merupakan kebiasaan yang mendarah daging bagi masyarakat Indonesia, selain menjadi sarana berkumpul dan berhibur bersama teman. Ternyata, arisan juga banyak dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan kredit atau pinjaman secara cepat bagi yang kepepet dan butuh uang.

Kelompok arisan biasanya ada berbagai macamnya dan tempatnya mulai dari arisan keluarga, arisan di sekolah, arisan ibu-ibu PKK, arisan kelompok atau komunitas serta lain sebagainya. Berbagai macam hadiah juga ditawarkan dalam arisan tergantung pada jenis arisannya seperti perhiasan, uang, maupun peralatan dapur.

tips memilih arisan

Kalau untuk kalangan jetset, ada istilah wanita sosialita dan membuat kelompok arisan yang disebut “arisan sosialita“. Hadiah juga disesuaikan yang biasanya adalah Uang dan Perhiasan atau aksesoris mewah seperti tas, sepatu yang tentu barang-barang branded dengan harga selangit.

Terlepas dari itu semua, kita kembali pada permasalahan mengenai bagaimana membuat arisan yang bisa menyenangkan, mengasyikan dan tentunya tidak mengganggu keuangan dalam keluarga.

Berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan masukan bagi anda :

Tips Memilih Arisan Yang Bagus dan Menyenangkan

Pertama, Arisan adalah sarana untuk kita berkumpul dan bersosialisasi dengan masyarakat, teman atau tetangga sekitar yang menjadi anggota arisan serta mempererat hubungan antar satu individu dengan lainnya. Serta pada prinsipnya arisan bukan hanya untuk mendapat pinjaman cepat atau uang dengan cepat.

Bila anda sudah paham konsep dan tujuan awal arisan adalah untuk bersosialisasi maka jangan memulu berfikir bahwa dengan mengikuti arisan berarti anda berinvestasi atau menabung. Itu hal yang berbeda.

Bila anda ingin berinvestasi atau menabung, arisan bukan jawaban yang tepat. Akan lebih baik bila anda ke bank dan membuat rekening lalu menimpan uang anda di sana serta berinvestasi di pasar saham. Bisa juga dengan Berivestasi Forex

Kedua, Pertimbangkan jumlah iuran yang ditetapkan pada kelompok arisan tersebut. Jangan sampai iuran arisan membuat keuangan keluarga menjadi sulit atau bahkan menjadi masalah karena iuran yang terlalu memberatkan dengan jumlah yang tidak masuk akal.

Upayakan mencari kelompok arisan yang memiliki iuran wajar dan mampu di penuhi tanpa terlalu mempengaruhi keuangan keluarga.

Ketiga, Jangan lupa pada tanggung jawab keluarga. Untuk para ibu atau orang tua yang mengikuti arisan yang karena asyiknya berkumpul dengan teman hingga lupa dengan tanggung jawab terhadap keluarga. Memang tujuannya hiburan, bersosialisasi dan refresing tapi itu terbatasi oleh tanggung jawab bila memang anda seorang yang merasa punya tanggung jawab.

Jangan sampai hak kita melampaui kewajiban, terutama pada keluarga.

Selanjutnya, mengenai pengelolaan keuangan dalam keluarga. Ini mengenai bagaimana cara menyisihkan atau membagi uang tersebut sebagaian untuk keperluan arisan serta beberapa saran seputar arisan. Berikut tipsnya :

  1. Penuhi kebutuhan pokok dan tagihan pokok rumah tangga seperti belanja bulanan, biaya pendidikan atau pembayaran rekening listrik, air dan lain sebagainya harus sudah terpenuhi.
  2. Selanjutnya sisihkan lagi penghasilan untuk di tabung dan berinvestasi demi menjaga keuangan masa depan bila di butuhkan jadi tidak bingung
  3. Bila semua sudah terpenuhi maka anda bisa mengambil atai menyisihkan penghasilan anda untuk iuran arisan yang anda ikuti.
  4. Jangan menunggak bayar iuran arisan anda.
  5. Jika mendapat giliran menerima hadiah, usahakan anda bisa menggunakan atau mengarahkannya untuk hal bermanfaat walau keadaan keuangan anda saat itu berkecukupan (bila arisan berhadiah uang). Akan lebih baik jika anda tabung atau digunakan sebagai modal investasi jangka panjang.
  6. Pilih kelompok arisan yang anggotanya adalah orang yang anda kenal dekat untuk menghidari kecurangan atau penipuan arisan. Saat ini, kasus seperti itu masih sangat rawan dan sering terjadi. Hanya saja sedikit yang terekspos ke media.

Itulah beberapa tips memilih arisan yang bagus dan menguntungkan serta menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Gaya Hidup

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

15 + twelve =