Tips : Cara Memulai Bekerja Online Sebagai Online Freelancer

Memulai Bekerja online sebagai online freelancer

Pekerja online saat ini semakin banyak dengan berbagai jenis keahlian ditawarkan. Hal ini terjadi karena semakin sulitnya mencari lowongan kerja di dunia nyata karena ketimpangan antara jumlah pencari kerja dengan lowongan kerja yang tersedia. Kenapa terjadi ? Karena kebanyakan sarjana di Indonesia DICETAK untuk menjadi pekerja atau karyawan bukan sebagai PEMBUKA LOWONGAN KERJA sebagai wirausaha.

Mindset ini sudah tertanam pada pola pikir orang tua dan kemudian ditanamkan lagi pada mindset anaknya. Coba hitung berapa jumlah pelamar kerja di Indonesia sebagai PNS ? Lalu berapa yang diterima ?. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa mayoritas SDM di Indonesia itu lebih memilih bekerja sebagai pegawai atau karyawan karena kerjanya lebih mudah dan gaji tetap, tidak seperi wirausaha yang harus merintis dari nol.

Tapi pikirkan juga tingkat keberhasilan atau kesempatan anda lolos seleksi dari ribuan bahkan puluhan ribu calon. Kecil sekali kemungkinan bisa lolos menjadi PNS atau karyawan, akibatnya saat ini banyak orang pintar yang menganggur karena tidak punya skill.

Cara Memulai Bekerja Online Sebagai Online Freelancer

Membahas topik freelance memang sangat menarik, terutama bagi yang memang butuh pekerjaan secara online tanpa harus menggunakan Jas rapi dan datang ke kantor untuk  interview melamar kerja. Bayangkan enaknya bekerja tanpa harus bangun pagi lalu antri di jalan dan kemudian telat masuk kantor.

Namun, tahukah anda apa itu freelance ?

Freelance adalah aktivitas kerja tertentu yang dilakukan secara online untuk memenuhi permintaan klien untuk mendapatkan bayaran sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh freelancer itu sendiri.

*Freelancer : orang yang bekerja freelance

Bekerja sebagai freelancer bisa dilakukan secara paruh waktu maupun penuh waktu bila anda perlu.

Apakah anda berminat untuk bekerja sebagai freelance ? Butuh panduan dan mau mulai dari mana ?

Postingan ini akan memberikan panduan bagi anda yang masih bingung untuk mulai sebagai freelancer.

#1. Ketahui Keahlian Anda

Butuh pendalaman serta pemahaman tentang keahlian yang anda miliki, mengenai hal ini yang tahu adalah diri anda sendiri. Biasanya keahlian itu dekat atau biasa sama dengan hobi anda, misalnya

  • Menulis
  • Fotografi
  • Ahli SEO dan Internet Marketing
  • Desain Grafis, Web, Logo
  • Entri data dan lain sebagainya

Beberapa kemampuan diatas itu adalah kemampuan serta skill yang banyak dipakai. Mungkin anda memiliki salah satu dari kemampuan tersebut atau mungkin anda punya kemampuan dalam bidang Manajemen, Administrasi atau Akuntansi. Cukup banyak yang menjadi freelance di bidang penasehat keuangan pribadi dengan kemampuan tersebut.

Pada intinya, apapun kemampuan anda yang bisa di jual itu sudah bisa dijadikan modal awal untuk memulai karir sebagai freelancer. Jadikan kemampuan terbaik anda sebagai alat untuk menghasilkan uang sebagai freelancer.

Teruslah latih dan gali potensi diri agar mampu menghasilkan karya atau hasil kerja yang lebih lagi.

#2. Penuhi Perlengkapan Kerja Freelancer

Butuh peralatan kerja memadai untuk mendukung aktifitas freelancing anda. Setelah sebelumnya anda mengetahui apa bakat dan kemampuan anda lalu penuhi perlengkapan apa saja yang dibutuhkan agar memudahkan setiap anda mengerjakan orser dari klien.

Karena anda adalah online freelancer maka peralatan utama adalah Komputer/PC/Laptop dan Jaringan Internet. Kemudian, keperluan lain seperti software, kamera, buku, pena, pensil dan lain sebagainya itu sesuaikan dengan keahlian anda.

Misal anda berbakat di bidang desain logo atau gambar, peralatannya : Komputer, Internet, Software Editing Gambar (corelDRAW, Photoshop dan lainnya), Pena dan Kertas/buku sebagai media untuk mencurahkan ide terlebih dulu sebelum di buat di software editingnya.

Mustahil bisa menghasilkan karya bagus tanpa ada perlengkapan yang memadai, apalagi anda harus memenuhi kehendak klien nantinya. [Baca: Perlengkapan Yang Harus Dimiliki Freelancer Online ]

#3. Lakukan Riset Pasar

Untuk menjadi seorang freelancer sukses dibutuhkan ketelitian diawal menjalankan karirnya, salah satunya adalah dengn melakukan riset pasar. Tujuannya adalah untuk mempermudah promosi dan mengetahui apa kebutuhn pasar.

Tahapan penting ini sering diabaikan oleh sebagian orang yang baru terjun dalam bidang freelance sehingga jasa atau keahlian mereka sepi dari orderan klien.

Selain itu, dengan riset psar anda bisa mengetahui dimana job banyak terdapat, bagaimana cra mendapatkan job serta masalah penentuan harga jas anda bisa tentukan dengan membandingkan dulu antara jasa anda dengan freelance lain yang sudah lebih dulu terjun dalam bisnis online freelance.

Cara lain untuk mendapat informasi dan pengalaman freelance adalah dengan membaca dan mengunjungi blog para freelance kawakan yang sudah malang melintang menjalankan bisnis ini. Belajar dari mereka lebih banyak untuk menambah pengalaman dan pengetahuan anda.

#4. Bangun Personal Branding

Apa itu personal branding ? Personal branding bisa diartikan sebagai popularitas diri kita serta seberapa banyak orang mengenali kita dan mempercayai kita. Freelancer dengan personal branding dan reputasi bagus, cenderung akan lebih mudah mendapat job dari kliennya.

Bila anda mengunjungi web atau marketplace freelance, akan dijumpai rating pada profil freelance yang menunjukkan reputasi serta tingkat kepercayaan dan kualitas kerja si freelancenya itu. Rating tersebut diisi oleh klien yang sudah di pernah menggunakan jasa freelancer tersebut. Semakin tinggi rating maka semakin bagus hasil kerjanya karena para klien yang puas akan cenderung memberikan rating yang tinggi juga. Begitu juga sebaliknya.

Gunakan selalu profil dengan foto asli anda, agar nantinya calon klien tidak khawatir untuk menggunakan jasa anda baik itu disosial media maupun blog, bila anda memiliki blog.

#5. Jual Keahlian anda

4 persiapan diatas sudah selesai anda lakukan ? Dalam kasus ini anda sudah siap menjadi seorang freelancer, saatnya anda menjual dan mempromosikan keahlian anda.

Media untuk menjual keahlian anda adalah dengan menggunakan situs marketplace yang sudah terkenal, anda tinggal membuat profil semenarik mungkin kemudian lengkap dengan foto dan biodata yang valid, agar klien percaya bahwa anda serius dan tertarik dengan hanya melihat profil anda.

Selanjutnya, Kirim permohonan job kepada klien yang membutuhkan keahlian yang sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Request tersebut belum tentu di setujui oleh pihak klien, karena pasti banyak saingan anda. Tetaplah berusaha dan tetap semangat.

Bila anda mau ! Silahkan daftarkan diri dibanyak marketplace tersebut, tapi konsekuensinya adalah anda sulit fokus dalam membangun kredensial di tiap marketplace. Sangat disarankan bagi pemula untuk membuat akun di 1 marketplace dulu dan kemudian ditekuni.

Anda bisa melihat daftar MarketPlace terbaik untuk freelancer [Baca: 5 Situs Freelance Online Terbaik]

#6. Promosikan Keahlian Anda

Ini merupakan salah satu langkah penentu cepat lambatnya orang mengetahui jasa dan keahlian yang anda tawarkan. Promosi yang tepat akan memberikan keuntungan tersendiri. Promosi ini bisa membuat anda mendapat 2 keuntungan yaitu menjaring para pelanggan dan meningkatkan personal branding asalkan dilakukan benar dan tidak mengganggu.

Manfaatkan sosial media, blog maupun youtube untuk mempromosikan bisnis anda. Cukup banyak media gratis yang bisa anda gunakan.

Sekian informasi seputar cara Memulai Bekerja online sebagai online freelancer, semoga bermanfaat bagi pembaca buatusaha.com sekalian dan menjadi tambahan pengatahuan.

Freelance

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

  1. author
    Elmu10 bulan ago

    yang mau jadi buzzer dan menghasilkan uang merapat https://www.buatusaha.com/dapat-uang-dari-8share-sebagai-buzzers/

  2. author
    nur sadikin10 bulan ago

    bagus gan ilmunya

Tinggalkan pesan

twelve + 16 =