Tips : 6 Hal Penentu Kesuksesan Menjalankan Usaha Kecil Rumahan

Penentu Kesuksesan Menjalankan Usaha Kecil Rumahan

Menjalankan usaha kecil rumahan memang membutuhkan tekat serta keyakinan yang besar terutama bagi yang baru memulainya. Selain harus bersaing dengan pengusaha lain dalam usaha ini, pelaku usaha kecil harus mampu mengelola usaha dengan modal minim dan tetap membuat usahanya berjalan serta meraih keuntungan.

Walau begitu, tetap saja saat ini usaha kecil semakin menjamur dan banyak ditekuni oleh masyarakat. Ibu rumah tangga, karyawan bahkan mahasiswa juga cukup banyak yang sudah sukses merintis usahanya dengan modal yang terbatas hingga sukses. [Baca : Usaha Budidaya Rumput Laut ]

Hal tersebut tentu saja di jalani dengan semangat serta ketekunan. Bisnis dan usaha tentu saja mengalami naik turun, tidak ada yang stabil. Pilihan dalam menjalankan usaha adalah untung atau rugi dan maju atau bangkrut. Buatusaha.com akan memberikan beberapa tips penentu kesuksesan dalam menjalankan usaha kecil rumahan. Berikut tipsnya :

Hal Penentu Kesuksesan Menjalankan Usaha Kecil Rumahan

Tips ini bersifat umum bagi para pelaku usaha kecil, baik itu untuk yang sudah menjalankan usaha maupun yang baru merencanakan ingin menekuni usaha kecil tersebut.

#1. Perencanaan dan Pemilihan Usaha Yang Cocok Dengan Minat Serta Modal

Memperkirakan jumlah modal yang dimiliki saat ini dengan usaha yang ingin ditekuni adalah hal pertama. Anda membuka usaha sebaiknya melakukan riset terhadap kebutuhan masyarakat atau pasar terlebih dulu supaya usaha lebih tertarget dan usaha cepat di kenal. Mengingat tingkat persaingan yang kian tinggi, anda harus mampu kreatif dan membuat inovasi bagi produk dari usaha yang anda jalankan.

Beli perlengkapan serta peralatan usaha secukupnya serta hindari membelanjakan modal untuk hal yang tidak terlalu penting bagi usaha.

#2. Waktu Kerja Yang Teratur dan Terjadwal

Manajemen waktu untuk menjalankan usaha kecil rumahan memang di perlukan untuk menjaga semangat serta tubuh anda tetap prima. Memang usaha tersebut dikerjakan di rumah tapi sebagai pelaku usaha tersebut bukan berarti anda harus bekerja full time atau penuh waktu. Jadwalkan waktu mengurus usaha dengan istirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Jangan karena disibukkan dengan usaha membuat kehangatan dalam keluarga menjadi hilang.

#3. Disiplin Dalam Menjalankan Usaha Sebagai Kunci Utama

Tidak boleh ada kata “nanti saja saya kerjakan”, “ah, lagi malas. Kita pending besok saja ya ! kan masih ada waktu”. Itu merupakan ilustrasi yang menunjukkan bahwa diri kita tidak disiplin. Menjalankan usaha ini hal yang cukup sulit, untuk membuat memang mudah tapi untuk menjalankan dan membuatnya berkembang itu sangat mustahil terjadi tanpa DISIPLIN.

Bersikap disiplin memang harus ditanamkan dalam menjalankan usaha, bentuk sikap tersebut dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Terutama bagi individu yang “Moody” atau orang yang hanya mengerjakan sesuatu ketika mood saja. Pasti sulit mengembangkan usaha !!

#4. Konsisten Dalam Penentuan Harga Produk Yang Anda Usahakan

Persaingan harga antara satu produk dengan produk sejenis milik pelaku usaha lain didaerah anda bisa saja terjadi. Hal tersebut bukan berarti harus membuat anda menurunkan harga demi menarik para konsumen. Upayakan untuk tetap mengikuti harga pasaran karena konsumen pasti tahu apa yang mereka beli apalagi sudah jadi pelanggan, kualitas produk perlu jadi perhatian penting. [Baca : Peluang Usaha di Musim Hujan]

Harga menunjukkan kualitas. Jadi, berusaha untuk konsisten dengan harga produk anda bisa membuat anda lebih nyaman daripada menurunkan harga tapi malah merugi pada akhirnya. Juga tetap jujur pada konsumen.

#5. Berikan Layanan Terbaik, Hal Tersebut Akan Memberikan Kesan Bagi Konsumen

Kesan senang dengan sikap, mimik wajah dan nada bicara kita dalam melayani konsumen akan melekat dalam ingatan sang konsumen. Bila anda bisa melayani dengan baik, ramah dan senyuman. Itu merupakan nilai tambah yang sangat positif bagi perkembangan usaha kecil anda. Bubuhkan sedikit basa-basi saat konsumen selesai berbelanja, seperti : “Datang lagi ya pak” dan lain sebagainya.

Menyambut para konsumen yang datang berbelanja dengan senyuman sering di abaikan, terutama usaha kecil. Mengingat usaha kecil baru dirintis dan butuh banyak konsumen untuk bisa berkembang hingga maju.

#6. Langkah Promosi Yang Tepat Mampu Meningkatkan Omset dan Menjaring Konsumen Baru

Media promosi saat ini sudah beraneka ragam, mulai dari yang konvensional seperti spanduk, pamflet, brosur dan lain sebagainya hingga yang modern dan canggih menggunakan media Internet seperti Sosial media, blog, forum dan youtube.

Manfaatkan saja media online untuk mempromosikan usaha kecil anda secara gratis, bisa gunakan facebook, twitter, blog atau buat video youtube tentang produk anda. Posting hal menarik dan unik untuk menarik minat konsumen. Dengan promosi menggunakan media sosial, cakupan lebih luas bisa anda lakukan. [Baca : Cara Mengatur Keuangan Pribadi]

Peluang Usaha Tips Usaha Kecil

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

17 + ten =