6 Tips Memilih Usaha Waralaba Modal Kecil

1647 views

tips memilih usaha waralaba modal kecil

6 Tips Memilih Usaha Waralaba Modal Kecil – Semakin maraknya bisnis waralaba membuat semakin banyak pelaku usaha yang berminat untuk ikut menceburi bisnis ini. Namuun, ada cukup banyak juga pendatang baru dalam bisnis ini yang belum memahami apa itu waralaba atau franshise atau cara memilih usaha waralaba yang benar dan menguntungkan bila dijalankan.

Dibawah ini akan ada beberapa tips memilih waralaba modal kecil yang sudah kami uraikan dan jelaskan untuk mempermudah anda dalam memilih dan mempertimbangkan bisnis waralaba mana yang ingin anda pilih serta jalankan. Pemilihan jenis waralaba bisa menjadi titik awal anda menggapai kesuksesan dalam bisnis ini.

Tips ini juga kami harapkan bisa bermanfaat untuk memberikan informasi dan saran kepada anda yang modalnya terbatas agar bisa memilih yang cocok. Berikut tipsnya

#1. Sesuaikan Usaha dengan Minat

Memilih usaha waralaba yang sesuai dengan minat ( passions ) akan membuat anda menjadi lebih nyaman ketika menjalankan usahanya. Bisnis waralaba ini banyak sekali macamnya dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu

Beberapa contoh atau jenis franchise yang sedang populer saat ini adalah franchise kuliner (makanan atau minuman), franchise jasa ( laundry, les private dan lain sebagainya ) serta masih banyak lagi yang lainnya.

Tentukan pilihan anda pada 1 jenis usaha saja agar lebih fokus mengurusnya dan lebih mudah memajukan bisnis tersebut.

#2. Cari Usaha yang Sesuai dengan Modal

Memilih usaha waralaba modal kecil tentu sangat penting bagi anda yang dana atau modalnya saat ini minim. Memang modal tidak bisa terlepas jika anda ingin membuka usaha dan mendapat keuntungan dengan cepat dalam berbisnis, kecuali jika memang anda mengikuti bisnis online tanpa modal seperti survey online atau online shop tanpa modal.

Setiap waralaba pasti memiliki harga tertentu antara satu dengan yang lainnya salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya harga waralaba adalah seberapa prospek serta potensial bisnis tersebut, maka akan lebih mahal franchisenya dan makin besar modal yang dibutuhkan. Tapi ingat, tidak semua franchise harganya mahal ada cukup banyak yang harganya murah dan terjangkau. Biasanya usaha waralaba yang harganya terjangkau adalah waralaba kuliner.

#3. Pilih Waralaba yang Legal dan Tidak Bermasalah Hukum

Legalitas juga sangat penting memandang bahwa saat ini banyak kasus-kasus produk dan usaha yang ilegal tanpa perizinan dari pemerintah. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan bisnis yang akan anda jalankan nantinya. Usahakan cari yang bersih dari masalah legalitas maupun kasus hukum.

Cari tahu juga mengenai franchisor yang menawarkan waralaba kepada anda. Tujuannya sama yakni untuk melihat apakah orang tersebut terpercaya bebas dari masalah hukum.

#4. Pilih Waralaba Yang Sudah Terkenal dan Banyak Pelanggannya

Dengan melihat dari segi popularitas, sudah terbukti bahwa bisnis tersebut profit dan banyak diminati pelanggan. Ketika anda ditawari bisnis franchise biasanya sang franchisor akan meyakinkan anda dengan jaminan-jaminan bahwa bisnis akan cepat booming dan balik modal lalu profit.

#5. Pilih Franchise yang Mudah Dipelajari dan Dijalankan

Kemudahan ketika mengerjakan dan menjalankan franchise bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya perkembangan bisnis franchise anda nantinya. Harapannya nanti bila sudah membeli franchise tersebut kemudian menjalankannya agar cepat balik modal dan profit.

Franchise yang mudah dipelajari juga sangat bermanfaat bila nanti ada orang yang ingin membeli franchise anda. Anda bisa dengan mudah mengajarkannya kepada orang tersebut.

#6. Kumpulkan Informasi Selengkapnya Seputar Franchise

Mengetahui informasi lengkap seputar franchise yang akan anda pilih adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai anda membeli kucing di dalam karung, anda harus gali sebanyak-banyaknya informasi tentang franchise tersebut.

Tanyakan secara rinci juga kepada franchisor pemilik waralaba yang anda minati . Contohnya : Masalah yang sering muncul di saat menjalankan waralaba ini, apakah bermasalah dengan perizinan, berapa lama waktu yang dibutuhkan paling lama untuk bisa balik modal dan lain sebagainya termasuk pemilik awal waralaba tersebut. Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Memilih Waralaba Modal Kecil Peluang Usaha Waralaba Tips Waralaba Waralaba

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

4 × one =