Tips Mengamankan Rekening Online dari Hacker

tips mengamankan rekening online

Penggunaan rekening online di kalangan pebisnis online bukanlah sebuah hal baru. Hal ini karena transaksi yang di lakukan para netters bukan hanya di lingkup regional atau Indonesia saja namun di internet cakupan bisnis ini sangat luas hingga antar benua.

Dengan menggunakan rekening online ( Payment Gateway ), proses transaksi menjadi lebih mudah cepat dan aman. Dibandingkan kita langsung menggunakan kartu kredit ketika melakukan pembayaran.

Pengunaan rekening online memang menjanjikan keamanan dan kenyamanan transaksi, tapi rekening online yang kita gunakan untuk transaksi memiliki potensi pencurian data atau isi dari rekening online tersebut.

Tips Mengamankan Rekening Online dari Hacker

Dalam postingan singkat ini saya ingin memberikan tips-tips singkat seputar pengamanan akun rekening online dari serangan hacker. Baca Juga : Cara Dapat Uang Online

Setiap rekening online pasti menyediakan fasilitas keamanan tambahan untuk menjamin keamanan akun para penggunanya. Salah satu jenis keamanan tambahan yang disediakan oleh rekening online seperti paypal, payza dan neteller adalah verifikasi nomor ponsel.

Biasanya kode keamanan akan dikirimkan ke nomor ponsel via sms. Di Payza, ketika anda akan login maka akan diminta memasukkan kode validasi yang dikirim via email.

Berikut tips singkat yang bisa anda terapkan untuk mengantisipasi atau setidaknya membuat akun rekening online milik anda lebih aman :

#1. Aktifkan verifikasi 2 langkah. Langkah ini biasanya menggunakan no handphone, aplikasi android dan ada juga yang via email.

#2. Gunakan password yang rumit dan sulit ditebak namun mudah di ingat. Gunakan kombinasi angka, huruf dan simbol pada password akun rekening online anda. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah mengganti password dalam kurun waktu tertentu misalnya 2 – 3 bulan sekali.

#3. Gunakan pertanyaan dan jawaban keamanan yang simple tapi sulit ditebak. Hal ini punya peranan inti selain password , usahakan untuk membuat pertanyaan dan jawaban keamanan yang anti-mainstream artinya yang beda dari biasa.

#4. Jangan login ke rekening online menggunakan jaringan atau PC lain seperti Warnet. Hal ini bukan hanya berpotensi terjadi pencurian data tapi juga berpotensi akun rekening online anda kena blok atau limit oleh penyedianya.

#5. Amankan email anda. Ini hal paling penting yang harus anda perhatikan sejak awal, bila mungkin saat ini anda menggunakan email gratis google (gmail) atau yahoo. Sebaiknya gunakan verifikasi 2 langkah menggunakan no hp.

Mungkin itu saja ya postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan lansung ke rekening online anda. Jika anda punya waktu luang, saya sarankan baca juga artikel ini : Cara Hasilkan Rupiah Dengan Mudah

Rekening Online

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

nine + five =