Mau Waralaba Modal Kecil Cepat Balik Modal ? Lakukan Ini !

1582 views

tips waralaba modal kecil cepat balik modalMenjalankan bisnis waralaba modal kecil cepat balik modal pasti akan sangat menyenangkan karena kita bisa segera mendapatkan profit atas bisnis tersebut. Namun, untuk bisa meraih itu semua dibutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat agar bisa mencapai target yang ditetapkan. Buat yang sudah menjalankan bisnis waralaba cukup lama namun belum balik modal juga dan sulit berkembang, itu bisa disebabkan oleh perencaan yang kurang matang atau anda belum tahu mengenai cara agar waralaba modal kecil cepat balik modal.

Tips ini akan cocok untuk anda yang baru ingin merintis usaha waralaba baru maupun yang sudah menjalankannya sejak lama. Anda bisa terapkan tips yang kira-kira cocok untuk franchise anda.

Artikel ini juga ditulis berdasarkan pengalaman admin sebagai franchisor  dalam mengembangkan usaha dan beberapa tips yang admin dapat dari membaca dari tulisan para franchisor populer dunia yang sudah sukses meraih banyak keuntungan dan mengembangkan waralabanya.

Tips Waralaba Modal Kecil Cepat Balik Modal

Harap anda membaca tips ini hingga akhir agar anda bisa lebih memahaminya dan ketika penerapannya nanti tidak bingung. Baik, silahkan simak tipsnya :

#1. Memiliki Lokasi Yang Strategis

Pemilihan lokasi untuk membuka usaha sangat penting, apapun itu usahanya. Lokasi usaha sangat berpengaruh pada cepat atau lambatnya usaha sebab jika lokasi bisnis anda tepat misal di pinggir jalan raya, di dekat pasar, dekat perumahan, atau persimpangan jalan akan lebih mudah terlihat oleh pelanggan. Semakin ramai orang yag melihat dan berkunjung maka potensi pelanggan anda akan naik. Pastinya hal ini akan berpengaruh baik terhadap peningkatan penjualan dan penghasilan anda hingga mencari target yang di tentukan yakni balik modal lalu profit.

#2. Beli Hak Utama Waralaba

Pembelian hak utama waralaba merupakan strategi jitu untuk mengatur laju persaingan pada jenis waralaba yang sejenis dengan yang anda jalankan. Membeli hak utama waralaba di sebuah kota akan sangat menguntungkan bagi anda karena bila nantinya ada orang yang ingin membuka usaha tersebut di kota yang sama. Maka, orang tersebut harus mendapat izin dari anda terlebih dulu karena anda sudah membeli hak utama usaha waralaba di kota tersebut.

Tapi, untuk bisa melakukan tips ini dibutuhkan modal yang besar dan cocok bagi anda yang punya modal besar. Namun, pasti sangat menguntungkan sekali.

#3. Mengambil Alih Waralaba Yang Sudah Berjalan

Strategi lainnya yang bisa bermanfaat bagi anda yang ingin cepat balik modal adalah mengambil alih atau membeli waralaba yang sudah jadi dan berjalan di kota atau daerah anda. Tapi sebelumnya, lihat dulu apakah perkembangan pada waralaba yang ingin anda take over bagus, jika iya silahkan saja anda ambil alih. Tentunya butuh modal yang besar.

Namun, bila waralaba tersebut sudah maju dan berkembang akan memudahkan lagi tugas anda seperti memilih tempat strategis dan lain sebagainya. Selain itu, waralaba seperti ini akan lebih mudah mendapatkan pelanggan juga anda hanya tinggal menyesuaikan pola usaha sesuai kriteria anda dan menambahkan apa yang kurang disisi usaha tersebut yang menurut anda akan lebih memajukan usaha.

#4. Memiliki Kelengkapan Barang

Lengkapnya barang yang di cari pelanggan pada outlet anda akan membuat pelanggan betah dan tidak perlu ke outlet lain untuk mencari barang yang dibutuhkan mungkin karena outlet anda kehabisan stok ataupun memang belum tersedia. Nah, poin ini perlu di perhatikan untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan pelanggan, anda harus jeli dan konsisten menyediakan stok barang dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Jangan sampai kehabisan stok barang.

Pelanggan akan senang bila berbelanja di satu tempat yang lengkap,dan kemungkinan besar akan menjadi pelanggan tetap anda. Tentu hal ini menguntungkan sekali buat usaha dan peningkatan penjualan tanpa harus kehilangan pelanggan baru.

#5. Penekanan Biaya Usaha

Dalam menjalankan bisnis tentu tidak lepas dari yang namanya biaya (cost), dalam dunia usaha waralaba secara umum biaya terbagi menjadi dua yaitu biaya tetap dan biaya tidak tetap. Biaya tetap contohnya adalah tagihan telepon, tagihan air, tagihan listrik, fee franchise, gaji pegawai, sewa gedung atau bangunan (bila menyewa). dan Biaya tidak tetap salah satu contohnya adalah bahan baku, kedua biaya ini sangat penting untuk kelancaran dan kelangsungan usaha anda.

Namun, usahakan untuk menekan biaya-biaya tersebut sebagai contoh tutup kran air bila sudah selesai digunakan dan jangan sampai melimpah, matikan lampu di luar ruang tempat usaha bila sudah pagi atau siang misalnya lampu teras atau samping, jangan gunakan telepon bila tidak untuk keperluan usaha dan urusan penting.

#6. Melakukan Inovasi dan Kreatif

Membuat inovasi pada produk usaha anda untuk memancing minat pelanggan itu perlu dilakukan bila dirasa pelanggan mulai bosan atau omzet mulai menurut, atau bisa juga dengan untuk meningkatkan penjualan anda bagi yang masih baru menjalankan usahanya. Banyak sekali franchisor kreatif yang sukses meningkatkan penjualan produknya hingga puluhan persen dengan melakukan inovasi pada produknya.

Untuk melakukan inovasi, butuh pendekatan terhadap pelanggan dan mengetahui apa yang mereka inginkan. Contohnya anda menjalankan usaha pie dan pie tersebut sudah umum baik itu dari segi ukuran, rasa maupun tampilannya. Cobalah melakukan inovasi dengan ide brilian anda dengan menambahkan topping tertentu pada pie, mengubah bentuk pie menjadi bentuk unik seperti boneka dan bisa juga dengan mengubah ukurannya menjadi mini dan sekali makan. Tentu hal tersebut menjai daya tarik bagi pelanggan, bila tidak menaik bagi orang tua tentu akan menarik bagi anak-anak.

#7. Berikan Potongan Harga atau Diskon

Siapa yang tidak mau belanja ditempat yang ada diskonnya ? Pelanggan itu ibaratkan semut yang suka sekali mencari gula, begitulah ibaratnya. Memang begitu kenyataanya, coba lihat ketika ada diskon di supermarket atau pasar pada momen tertentu seperti akhir tahun pasti ramai. Ini karena pola pikir masyarakat yang sangat suka dengan potongan harga karena harganya lebih murah daripada harga sebelum diskon.

Anda bisa menerapkan tips memberikan potongan harga ini pada usaha anda, percayalah bahwa dengan memberikan diskon pada usaha anda keuntungan akan tetap anda dapatkan bahkan lebih dibanding sebelum memberi diskon. Tips ini selain sudah kami buktikan, juga sudah dibuktikan oleh franchisor top dunia. Berikan diskon yang realistis.

Itulah tips maupun panduan agar waralaba modal kecil cepat balik modal dalam jangka waktu yang ditentukan. Harapan kami agar tips ini bermanfaat bagi anda, kalau ada beberapa tips waralaba modal kecil cepat balik modal di atas yang tidak sesuai dengan bisnis yang anda jalankan, maka kami mohon maaf. Silahkan ikuti panduan diatas yang sesuai saja dengan usaha franchise anda.

Peluang Usaha Waralaba Waralaba Waralaba Modal Kecil

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

7 − one =