PROSPEK Usaha Depot Air Minum Isi Ulang dan Harga Depot Air Minum

5070 views

usaha depot air minum isi ulang galon

Memulai usaha depot air minum isi ulang memang peluang bisnis menggiurkan, sebabnya kita bicara mengenai air. Air merupakan kebutuhan pokok bahkan paling penting, bahkan tubuh manusia saja sebagian besar terdiri dari cairan yang artinya untuk menjalankan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tentunya manusia butuh konsumsi air yang cukup. Tentunya air yang memenuhi standar dan layak konsumsi.

Pengertian depot air minum

Apa itu depot air minum ? Yaitu tempat pengisian atau isi ulang air minum siap konsumsi yang biasanya menggunakan galon-galon kosong. Air minum isi ulang yang ada di depot itu sudah melewati beberapa kali proses penyaringan  (filterisasi) serta deinfeksi yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalam air tersebut terutama yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh ketika di konsumsi seperti bakteri E. Coli yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Sistem penyaringan ini ada berbagai macam teknologi, tapi fungsinya sama yaitu untuk menjernihkan air serta membunuh bakteri-bakteri jahat penyebab gangguan kesehatan pada tubuh.

Saat ini, mungkin di daerah anda sudah ada depot air minum isi ulang yang menyediakan air untuk diisikan ke galon-galon tempat menyimpan air minum, atau mungkin belum. Nah, anda bisa mencoba menjalankan usaha depot air minum ini karena prospeknya sangat bagus dimanapun lokasinya. Namun begitu, anda masih perlu memilih tempat paling strategis untuk dijadikan lokasi usaha anda agar nantinya selain cepat balik modal juga akan cepat dikenal para pelanggan. Misalnya di pusat kota, persimpangan jalan, dekat pasar, kompleks perumahan atau bila memungkinkan bagian samping atau bagian depan rumah anda bisa dijadikan tempat usaha ini.

Baca Juga : Peluang Bisnis Pulsa Elektrik

Tingginya kebutuhan masyarakat akan air minum siap konsumsi dengan kriteria sehat sangat tinggi terutama di daerah kota baik itu ibukota provinsi, ibukota kabupaten maupun ibukota kecamatan. Sebagai contohnya adalah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kota Bengkalis yang penduduknya memiliki tingkat konsumsi air sehat cukup tinggi. Apalagi kota besar seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Jakarta, Yogyakarta dan lain sebagainya.

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang Modal Terjangkau

usaha depot air minum isi ulang

Untuk memulai usaha depot air minum isi ulang ini, anda membutuhkan modal yang cukup lumayan agar dapat membeli perlengkapan usaha yang sangat lengkap dan terbaru. Tapi, anda juga bisa membuka depot air minum ini dengan modal yang ekonomis dan serta terjangkau, namun tidak mengurangi kualitas produk yang akan diproduksi.

Berdasarkan hasil riset di daerah tempat tinggal saya yang saat ini sudah ada 3 depot air minum yang masing-masing pemiliknya berbeda. Dari ketiganya saya mendapatkan informasi bahwa bisnis isi ulang air minum ini bisa dijalankan dengan modal terjangkau dan biaya tersebut di tekan dengan memilih serta membeli paket depot air yang murah namun berkualitas. Memangnya ada ? Ada. Coba anda cari Agen atau Perusahaan yang membuat mesin depot air, biasanya mereka ada di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, atau Pekanbaru. Bila tempat tinggal anda jauh, mereka bisa saja membantu anda mengirim paket tersebut dan membantu pemasangannya di tempat anda bisa anda sudah melakukan persetujuan saat pembelian.

Harga Depot Air Minum

Harga depot harus sesuai dengan modal yang anda miliki sekarang. Untuk itu, bila modal anda cukup banyak akan lebih bagus karena bisa untuk membeli aksesoris dan galon-galon kosong sebagai tempat air yang anda jual jika pembeli belum punya galon atau jika pecah.

Harga depot air ini bervariasi dan tergantung teknologi serta kelengkapannya dalam memproses air minum siap konsumsi. Harga minimum rata-rata 1 set depot air di daerah tempat tinggal saya adalah Rp 18 Juta sedangkan untuk harga maksimumnya mencapai Rp 60 Juta atau bahkan ada yang lebih mahal.

Pada paket 18 Juta ini terdiri dari :

» 1 rak alumunium tempat pengisian galon

» 1 Unit tempat pencucian galon dan 2 unit tempat pengisian galon (Kapasitas Produksi 40 Galon/Jam)

» Media filterisasi : 1 Sak Pasir Silika dan 1 Sak Karbon Aktif

» 1 Set ultraviolet

» 1 Unit pompa air otomatis

» 2 Unit tandon tempat penyimpanan air dengan kapasitas 5000 liter

» Dilengkapi juga dengan Housing filter dan filter cartridge

» Plus aksesoris depot berupa Set lampu berwarna menambah indah tampilan depot air milik anda.

Sedangkan untuk paket 60 Juta ini, anda mendapat paket super lengkap di tambah dengan pendingin yang mampu memberikan nilai plus pada depot anda nantinya dan tentu saja kualitas, teknologi serta kapasitas produksinya lebih bagus. Untuk paket ini anda bisa menjadi depot air minum dengan pendingin dan kualitas air minum yang dihasilkan lebih bagus karena mengalami beberapa proses penyaringan termasuk melalui ozon generator atau dalam istilah depotnya Oxygen Water.

Baca Juga : Usaha Waralaba Modal Kecil Terbaik

Bila memberatkan, usahakan untuk mencari dan memilih set paket perlengkapan depot air minum yang sesuai dengan modal yang ingin anda miliki.

Standar Kesehatan Depot Air Minum Isi Ulang

Pemerintah memberikan standar kesehatan untuk para pelaku usaha serta pemilik depot air minum isi ulang. Untuk pengisian air minum dalam kemasan bermerek harganya relatif mahal dan mungkin tidak seluruh lapisan masyarakat mampu untuk mencukupinya untuk itu ada depot air minum yang relatif murah. Namun, untuk para pengusaha depot air minum isi ulang yang masih baru ingin membuka usaha bahwa ada standar yang sudah di tetapkan dan harus di penuhi sehingga air tersebut layak dan siap konsumsi.

#1. Depkes RI 1996, Untuk kategori air bersih yang diminum setelah dimasak maka diperbolehkan mengandung coliform dan Ecoli kurang dari 50ML atau kurang dari 50/100 ML untuk nonperpipaan dan 10/100 ML untuk perpipaan.

#2. Depkes RI, 2010 – Air minum harus memilik syarat kesehatan, baik fisik kimia maupun radio aktif agar tidak menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan terhadap manusia apabila di konsumsi.

#3. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010, Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum – Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum (tidak menimbulkan gangguan kesehatan)

#4. Standar WHO ( World Health Organization ) 2001, Di dalam 100 ML air minum tidak boleh mengandung bakteri E.Coli maupun Coliform yang artinya tidak boleh ada sedikitpun bakteri didalam air minum tersebut dan 100% steril serta deinfeksi.

Standar kesehatan terhadap depot air minum ini di titikberatkan karena air minum yang terkontaminasi dengan bakteri akan lebih cepat menyebabkan gangguan kesehatan dan bakteri yang biasanya berada pada air tercemar adalah E. Coli yang berasal dari tinja. Selain itu, pencemaran air juga bisa disebabkan karena adanya kandungan radio aktif yang ada di dalam air, bila sudah terkontaminasi radio aktif maka gangguan kesehatan pada tubuh manusia bersifat kronis dan jangka panjang.

Untuk itulah ditetapkan peraturan atau standar tersebut yang intinya :

Air Minum Sehat Itu Tidak Berbau, Tidak Berwarna dan Tidak Berasa (3B)

Baca Juga : Usaha Penulis Lepas Dengan Hasil Berlimpah

Modal Usaha Depot Air Minum Peraturan Depot Air Minum Usaha Air Galon Usaha Air Minum Isi Ulang Usaha Depot Air Minum

Penulis: 
author
Seorang Blogger yang suka main games, membaca buku dan ngemil snack. Ia juga sedang aktif menjalankan bisnis online dan mengelola beberapa blog saat ini.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

eleven + three =